Implementasi Akad Qard Pada Pembiayaan Mikro Syariah (Studi Kasus Di Bank Wakaf Mikro Syariah Khas Kempek)

  • Agus Karjuni IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Barnawi Barnawi IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Dwiya Endah Pandu Probowati IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Yasin Yasin IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi akad qard pada pembiayaan mikro syari’ah, dengan mengambil studi kasus di Bank Wakaf Mikro Ponpes KHAS Kempek, kajianya dilatarbelakangi oleh begitu banyaknya lembaga keuangan yang berlabel Syari`ah akan tetapi pada prakteknya tidak sesuai dengan implementasi yang seharusnya secara syari`ah. Bank Wakaf Mikro adalah Lembaga Keuangan non Bank Syari`ah yang izin operasionalnya ada dibawah Otoritas Jasa Keuangan dengan dasar hukum berdirinya adalah koperasi.Bank Wakaf Mikro adalah pilot project dalam mengembangkan akses jasa keuangan di sekitar lingkungan pondok pesantren. Dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Populasi dari penelitian ini merupakan pengelola dan nasabah Bank Wakaf Mikro KHAS Kempek.Dalam melakukan pengumpulan data teknik yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan trianggulasi dengan analisis data menggunakan teoritisasi ide atau konseptualisasi ide, Adapun hasil penelitian, dengan maksud tujuan yang sama dalam Implementasi akad qard pada pembiayaan mikro syariah yang dilakukan oleh Bank Wakaf Mikro KHAS, berperan dengan adanya peningkatan jumlah penjualan pendapatan usaha, laba usaha, dan kondisi perekonomian.penelitian ini fokus terhadap implementasi akad qard yang di praktekan di BWM KHAS Kempek, berdasarkan hasil wawancara sebelumnya secara garis besar peng-implementasian akad qard yang ada di BWM KHAS kempek menurut kesimpulan peneliti sudah sepenuhnya sesuai dengan koridor yang di teorikan dalam hukum islam.
Kata Kunci: Akad Qard, Pembiayaan Mikro Syariah

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. masadi gufron. (2002). Muamalah Kontekstual. PT. Raja Grafindo Persada.
Anwar, S. (2007). Hukum Perjanjian Syariah. PT Raja Grafindo.
Erin Nurhayati, Rustamunadi, D. F. (2016). ANALISIS MODEL PEMBIAYAAN BANK WAKAF DALAM PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO SYARIAH (Studi Kasus: Bank Wakaf Mikro El-Manahij, Pondok Pesantren Manahijussadat, Lebak). 24.
Haida, N., Pratama, G., Sukarnoto, T., & Widiawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 131-139.
Ismail. (2011). Perbankan Syariah.
Karjuni, A., Pratama, G., Dapiah, D., & Juningsih, W. (2021). Analisis Pelayanan Bank Terhadap Keputusan Nasabah Sesuai Dengan Perspektif Islam. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 68-74.
Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. 5.
Muslich, A. W. (2010). Fiqh Muamalat. AMZAH.
Nawawi, R., Darmawan, I., Pratama, G., & Robawi, J. (2021). Analisis Administrasi Pembukaan Rekening Baru pada Tabungan Wadiah BNI IB Hasanah di BNI Syariah KCP Plered. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(1), 43-48.
Paturohman ,Nadzi, Gama , tardjonoJurnal CCIBBC 1. (n.d.).
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.
Pratama, G. (2021). BAB 12 KONSEP DASAR PEMBIAYAAN BANK SYARIAH. TEORI DAN PRAKTIK MANAJEMEN BANK SYARIAH INDONESIA, 212.
Sugiyono. (2007). metodologi penelitian. 270.
Suryabrata. (2013). Pendekatan pada penelitian. 19.
Published
2022-02-28
How to Cite
KARJUNI, Agus et al. Implementasi Akad Qard Pada Pembiayaan Mikro Syariah (Studi Kasus Di Bank Wakaf Mikro Syariah Khas Kempek). Ecobankers : Journal of Economy and Banking, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 8-13, feb. 2022. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/876>. Date accessed: 03 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>