Analisis Pelayanan Bank Terhadap Keputusan Nasabah Sesuai Dengan Perspektif Islam

  • Agus Karjuni IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Gama Pratama IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Dapiah Dapiah IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Windi Juningsih IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

This thesis study is motivated by all banks in Indonesia that implement a bank service that has the potential according to an Islamic perspective in improving customer decisions. This study aims to examine the effect of bank service variables on customer decisions in an Islamic perspective which is assessed in 5 dimensions of servqual. This research is a type of quantitative research using a questionnaire (questionnaire), observation and documents. Data collection techniques using a questionnaire to obtain data about Bank Services (X) and Customer Decisions (Y) through the distribution of questionnaires. The test equipment used in this research is by using simple linear regression analysis. Sampling using random sampling technique. The results of this study indicate that bank services are very influential on customer decisions. It is proved that based on the results of the study, 41.6% of respondents responded with a score of 4, namely agree. Where the most strongly agree results are in the 7th statement item by 64%, which means that respondents are satisfied with the physical evidence point of service. This is followed by the 8th statement item at 58%. This is evidenced that the variable bank services with a tcount value of 17.029 > ttable 2011 with a significant level of 0.000 <0.05.


Abstrak


Skripsi ini Kajiannya dilatarbelakangi dengan semua Perbankan di Indonesia yang menerapkan suatu pelayanan bank yang berpotensi menurut perspektif islam dalam peningkatan keputusan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh variabel pelayanan bank terhadap keputusan nasabah dalam perspektif islam yang dinilai dalam 5 dimensi servqual. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode angket (kuesioner), observasi dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data tentang Pelayanan Bank (X) dan Keputusan Nasabah (Y) melalui penyebaran angket . Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Pengambilan sampel menggunakan teknik randomsampling. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Pelayanan bank sangat berpengaruh terhadap keputusan nasabah. Hal ini dibuktikan bahwa Berdasarkan hasil penelitian, 41,6% responden memberikan tanggapan dengan skor 4 yaitu setuju. Dimana hasil terbanyak sangat setuju terdapat pada item pernyataan ke 7 sebesar 64% yang artinya responden merasa puas dengan point bukti fisik pelayanan. Selanjutnya diikuti dengan item pernyataan ke 8 sebesar 58%. Hal ini dibuktikan bahwa variabel Pelayanan bank dengan nilai thitung sebesar 17,029 > ttabel 2.011 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauziah Mubarak. 2020. “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Engaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Pedesaan Dalam Terhadap Keputusan Masyarakat Pedesaan Dalam Menabung Di Bri Syariah Kcp. Langkat Menabung Di Bri Syariah Kcp. Lang.” Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan: 22.
Huda, M Komarul, and Universitas Simalungun. 2020. “Jurnal Metabio.” 2(2): 34–40.
Ida Nurlaeli, UINS. 2017. “Pengaruh Faktor Budaya, Psikologi, Pelayanan, Promosi Dan Pengetahuan Tentang Produk Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bprs Di Banyumas.” XVIII(2): 84.
Ikatan Bankir Indonesia. 2014. Mengelola Kualitas Layanan Perbankan. 1st ed. Jakarta.
Irawan, Beny, Erwin Daniel Sitanggang, and Sayed Achmady. 2021. “Sistem Pendukung Keputusan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode ServQual.” CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science) 6(1): 10.
Lusi Anggri Eny. 2019. “No Title.” Analisis Pengaruh Citra, Pelayanan Jasa Dan Keragaman Produk TerhadaP LOYALITAS NASABAH MENURUT PERSPEKTIF ISLAM: 26.
Manajemen Informatika, AMIK BSI Bekasi\. 2019. “Analisis Peran Bank Pengkreditan Rakyat (Bpr) Terhadap Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecil(Umk).” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.
Nina Indah Febriana. 2016. “Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung.” An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah 3(1).
Prof, Dr, Endang Widi Winarni, M.Pd. 2018. Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. retno ayu. JAKARTA.
Rika Mustika Harahap. 2021. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Bengkulu.
Rita Irviani & Elvina F N STMIK Pringsewu, STIE Lampung Timur. 2018. “Analisis Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Promosi Dengan Keputusan Nasabah Dalam Menabung Pada Pt Bpr Fajar Warapastika Lampung Timur.” STMIK Pringsewu, STIE Lampung Timur 4(2): 106–20.
Robyyanto, Pratama. 2020. “Analisis Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung 1441 H / 2020 M 21(1): 1–9.
Samosir, Suhaila Husna ; Munawwaroh. 2019. “Pentingnya Motivasi Dalam Berwirausahaguna Menciptakan Human Capital Dan Perilaku Inovatif (Studi Kasus Pada Usaha Kecil Di Jalan Garu Ii a Kecamatan Medan Amplas).” Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah1,2 Abstrak.
Sastrawan, Alex. 2019. “Pengaruh Premi Asuransi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Asuransi Pendidikan Perspektif Ekonomi Islam.” : 40.
Siregar, Rifka. 2016. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei.” Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi 5(2): 2460–0585.
Yeni Upita Sari. 2021. “Pengaruh Kualitaspelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening.” Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga: 27.
Yuliana, Rika. 2017. “No Title.” Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah.
Yulinda. 2020. “Pengaruh Islamic Branding Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim Di Toko Annur Sungai Kambang Telanaipura Jambi.” Analisis pendapatan dan tingkat kesejahteraan rumah tangga petani 53(9): 1689–99.
Cahyono, H. (2020). Memaksimalkan Nilai Pendidikan Islam dan Komunikasi dalam Upaya Mensukseskan Perekonomian Di Era 4.0. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-11.
Cahyono, H. (2020). Konsep Pasar Syariah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 14-27.
Ghoni, A., MSI, N. H., Cahyono, H., Sy, M. E., & Paturrohman, M. S. (2019). Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Pendapatan Usaha Kecil dan Menengah (Study Kasus di BMT Lariba Islamic Centre Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., H Ahmad Munajim, M. M., Barnawi, M. S. I., Darojat, J., & S Pd I, M. S. I. (2019). PEMBIAYAAN MUDHARABAH BMT TUAN JALER CIREBON DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS BMT TUAN JALER CIREBON DESA SETU KULON KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON).
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Ghoni, A., Cahyono, H., & Sy, M. E. (2019). Implementasi ekonomi islam dalam usaha bisnis busana muslim (studi pada cv. Kiddy collection kejaksan kota cirebon).
Muhammadun, S., H Ahmad Munajim, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., Edirianto, H. S., & CACP, M. (2019). PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DAPM UPK BINA ARTHA KECAMATAN SURANENGGALA.
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., & Ridwan, T. STRATEGI PENYELAMATAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Kasus Bank BNI Syariah Cabang Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. Analisis Pelaksanaan Penyaluran Dana Wakaf pada Bank Wakaf Mikro KHAS Kempek.
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM DALAM MEMUTUSKAN PEMBELIAN DI TOKO TARSADI PASAR WATES KARANGKENDAL KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON.
Marzuki, A., Cahyono, H., & Rosadi, M. Islamization Through Ritual Tradition: A Case of Bele Kampung, In Kelumu Daik Village Lingga Island, Kepulauan Riau, Indonesia.
Suzana, S., Munajim, A., Casta, C., Pratama, G., Sulaeman, E., Sukarnoto, T., ... & Karim, A. (2020). Gadget and the internet for early childhood distance learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8019-8028.
Sukarnoto, T. (2020). Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 Desa Patuanan Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 89-96.
Sukarnoto, T. (2020). Atribut Produk Syariah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 1-25.
Sukarnoto, T. (2020). TRICKLE DOWN ECONOMIC, ATRIBUT PRODUK BANK SYARIAH DAN GOING CONCERN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 1-13.
Haida, N., Pratama, G., Sukarnoto, T., & Widiawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 131-139.
Sukarnoto, T., Nurjati, N., & Rani, V. (2021). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Pengembangan Usaha Mikro Kecil. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-13.
Published
2021-08-31
How to Cite
KARJUNI, Agus et al. Analisis Pelayanan Bank Terhadap Keputusan Nasabah Sesuai Dengan Perspektif Islam. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 68-74, aug. 2021. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/442>. Date accessed: 28 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>