Analisis Kualitas Pelayanan yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah di Bank BNI Syariah KC Cirebon

  • Dapiah Dapiah IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

The purpose of this study was to analyze the effect of service quality with the dimensions of responsiveness, tangible, empathy, assurance, and reliability on customer satisfaction at Bank BNI Syariah KC Cirebon. This study uses a quantitative approach. The sample used is 100 customers with probability sampling techniques. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis, t test and F test. This analysis is used to test the research hypothesis after testing the research instruments and testing the prerequisite analysis. The results showed that partially the dimensions of responsiveness, tangible, empathy, and assurance had no significant effect on customer satisfaction. This is based on the sig value on the t test of more than 0.05. As for the reliability dimension, it has a sig value of less than 0.05, it means that partially the reliability variable has a significant effect on customer satisfaction at Bank BNI Syariah KC Cirebon. Furthermore, service quality with responsiveness, tangible, empathy, assurance, and reliability variables simultaneously has a positive and significant effect on customer satisfaction at Bank BNI Syariah KC Cirebon. This is indicated by the sig value on the F test of less than 0.05. This research is expected to provide information and input, especially for Bank BNI Syariah KC Cirebon, especially in developing and improving the best service quality to increase customer satisfaction


Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dengan dimensi responsiveness, tangible, empathy, assurance, dan  reliability terhadap kepuasan nasabah di Bank BNI Syariah KC Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 100 nasabah dengan tehnik probability sampling. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Analisis ini digunakan untuk menguji hipotesis penelitian setelah dilakukan uji instrumen penelitian dan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dimensi responsiveness, tangible, empathy, dan assurance berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini berdasarkan nilai sig pada uji t lebih dari 0,05. Sedangkan untuk dimensi reliability mempunyai nilai sig kurang dari 0,05, berarti secara parsial variabel reliability berpengaruh signifikan pada kepuasan nasabah di Bank BNI Syariah KC Cirebon. Selanjutnya, kualitas pelayanan dengan  variabel responsiveness, tangible, empathy, assurance, dan  reliability secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bank BNI Syariah KC Cirebon. Hal ini ditunjukan oleh nilai sig pada uji F kurang dari 0,05. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dan masukan khususnya bagi Bank BNI Syariah KC Cirebon, terutama dalam mengembangkan dan memperbaiki kualitas pelayanan yang terbaik untuk meningkatkan kepuasan nasabah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chotimah, C. (2014). Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Masyarakat Memilih Bank Syariah Di Surakarta. Surakarta: UMS
Hayati, & Nur. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah . Sains Manajemen & Akuntansi , Vol III No.2.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Leksono. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pengguna Kartu BPD Card Bank Jateng Cabang Utama Semarang. Jurnal Economy, Vol.3, No.1, 16-37.
Manullang. (2008). “Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan jasa penerbangan PT. Garuda Indonesia Airlines di Bandara Polonia Medan,” Thesis, Universitas Sumatera Utara
Nasrul. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. BPR Pembangunan Nagari Kantor Pusat Lubuk Basung. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol. 3. No.1: 19-32.
Nursya'baniPurnama. (2006). Manajemen Kualitas Perspektif Global. Yogyakarta : Ekonisia .
Prasetyo. (2011). ”Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Studi Kasus pada Bank rakyat Indonesia Unit Sampangan Kantor Cabang Semarang)”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, , Vol.11 No. 1: 59-72.
Rafidah. (2014). Kualitas pelayanan Islami pada Perbankan Syariah . Nalar Fiqh .
Sanistasya, P. A. (2010). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah PT. Bank Muammalat Surakarta”. Jurnal economy, Vol. 1. No. 2.
Soffan. (2013). “Kualitas Pelayanan Pengelolaan ATM dan Kepuasan Nasabah Bank BNI 1946 Pasuruan”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 1 Nomor 1: 134-148.
Sondakh, C. (2014). “Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado”. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol.3 No.1: 19-32.
Sudarwati. (2013). “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah SIMPEDES di Bank BRI Unit Baki”. Jurnal Paradigma, , Vol. 11. No. 02.
Tjiptono, & Fandi. (2008). Strategi Pemasaran . Yogyakarta : ANDI.
Tjiptono. (2012). Pemasaran dan Jasa. Yogyakarta : ANDI.
Uswatun Hasanah. (2013). “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Palu Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah” (P3M STAIN Datokrama Palu: Jurnal Penelitian Ilmiah, Vol 1, No.1).
Wakhid, S., & Elvrita. (2007). Adapting Islamic Bank’s CARTER Model: An Empirical Study in Riau’s. Hal. 1858 - 26559.
Cahyono, H. (2020). Memaksimalkan Nilai Pendidikan Islam dan Komunikasi dalam Upaya Mensukseskan Perekonomian Di Era 4.0. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-11.
Cahyono, H. (2020). Konsep Pasar Syariah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 14-27.
Ghoni, A., MSI, N. H., Cahyono, H., Sy, M. E., & Paturrohman, M. S. (2019). Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Pendapatan Usaha Kecil dan Menengah (Study Kasus di BMT Lariba Islamic Centre Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., H Ahmad Munajim, M. M., Barnawi, M. S. I., Darojat, J., & S Pd I, M. S. I. (2019). PEMBIAYAAN MUDHARABAH BMT TUAN JALER CIREBON DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS BMT TUAN JALER CIREBON DESA SETU KULON KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON).
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Ghoni, A., Cahyono, H., & Sy, M. E. (2019). Implementasi ekonomi islam dalam usaha bisnis busana muslim (studi pada cv. Kiddy collection kejaksan kota cirebon).
Muhammadun, S., H Ahmad Munajim, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., Edirianto, H. S., & CACP, M. (2019). PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DAPM UPK BINA ARTHA KECAMATAN SURANENGGALA.
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., & Ridwan, T. STRATEGI PENYELAMATAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Kasus Bank BNI Syariah Cabang Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. Analisis Pelaksanaan Penyaluran Dana Wakaf pada Bank Wakaf Mikro KHAS Kempek.
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM DALAM MEMUTUSKAN PEMBELIAN DI TOKO TARSADI PASAR WATES KARANGKENDAL KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON.
Marzuki, A., Cahyono, H., & Rosadi, M. Islamization Through Ritual Tradition: A Case of Bele Kampung, In Kelumu Daik Village Lingga Island, Kepulauan Riau, Indonesia.
Suzana, S., Munajim, A., Casta, C., Pratama, G., Sulaeman, E., Sukarnoto, T., ... & Karim, A. (2020). Gadget and the internet for early childhood distance learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8019-8028.
Sukarnoto, T. (2020). Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 Desa Patuanan Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 89-96.
Sukarnoto, T. (2020). Atribut Produk Syariah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 1-25.
Sukarnoto, T. (2020). TRICKLE DOWN ECONOMIC, ATRIBUT PRODUK BANK SYARIAH DAN GOING CONCERN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 1-13.
Haida, N., Pratama, G., Sukarnoto, T., & Widiawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 131-139.
Sukarnoto, T., Nurjati, N., & Rani, V. (2021). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Pengembangan Usaha Mikro Kecil. Etos: Jurnal Pratama, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 106-122.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-13.
Published
2021-02-28
How to Cite
DAPIAH, Dapiah. Analisis Kualitas Pelayanan yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah di Bank BNI Syariah KC Cirebon. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 30-36, feb. 2021. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/266>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)