STRATEGI PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MELALUI MANAJEMEN PEMBIAYAAN

  • Andayani Andayani Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Pendidikan di Indonesia diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sebagai investasi baik bagi individu maupun masyarakat. Pembiayaan pendidikan pada lembaga pendidikan swasta, sebagian  dari  dana BOS (Bantuan  Operasional  Sekolah), dan sebagian bersumber dari dana masyarakat, sehingga permasalahan penelitian adalah bagaimana lembaga pendidikan swasta dapat di manage secara tepat arah dalam hal mengembangkan mutu, relevansi, efisiensi dan efektivitasnya sehingga dapat menjadikan dirinya sebagai lembaga pendidikan alternatif bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi tentang upaya-upaya strategis lembaga pendidikan swasta dalam menghimpun sumber-sumber dana untuk membiayai pendidikan, dan informasi mengenai pengelolaan sumber dana pada lembaga pendidikan swasta, terfokus pada MI Ma’arif Sutawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon. Temuan penelitian antara lain: Pertama, strategi yang dilakukan MI Ma’arif Sutawinangun untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan membentuk tim peningkatan mutu yang bertugas merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi mutu pendidikan di MI Ma'arif Sutawinangun. Kedua, pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan di MI Ma’arif Sutawinangun dalam proses perencanaan pembiayaan telah melibatkan partisipasi aktif dari semua pihak hal ini dilakukan untuk mengurangi beban biaya dalam penyelenggaraan pendidikan. Penggunaan anggaran pembiayaan pendidikan yang telah sesuai dengan  program  pembiayaan  yang telah ditetapkan merupakan faktor kunci terlaksana proses pendidikan  di madrasah.  MI Ma’arif Sutawinangun cenderung lebih memprioritas kebutuhan yang menunjang peningkatan mutu  pendidikan agar pembiayaan dapat berjalan efektif dan efisien. Ketiga, dengan manajemen pembiayaan yang efektif  dan  efisien, madrasah mampu merencanakan hal hal yang menunjang peningkatan mutu, pengadaan sarana prasarana yang menunjang pembelajaran, pengembangan diri guru serta prestasi akademik dan non akademik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)
Armida, “Model Pembiayaan di Indonesia”, Media Akademika, Volume 26, Nomor 1, Januari 2011, 5.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, (Jakarta: Kalimah. Cet. III, 2001)
Bafadal, Ibrahim, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)
Bafadal, Ibrahim, Pengelolaan Keuangan Sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
Baihaqi, Manajemen Pembiyaan pada SMKN Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Volume 1, No.2, November 2012, 40
Fajar, A. Malik. Reorientasi Penidikan Islam, (Jakarta: Fajar Dunia, 1999)
Fatah, Nanang, Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012)
-----------, Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dan Dewan Sekolah, (Bandung; Pustaka Bai Quraisy, 2007)
Hadi, Sutrisno, Metode Research II, (Yogyakarta: Andi Offset, 2000)
Langgulung, Hasan, Asas-Asas Pendidikan Islam, (Jakarta: Radar Jaya Offset, 1998)
Marus Suti, Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Daerah. Jurnal MEDTEK, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2011, 5.
Martin, Manajemen Pembiayaan Pendidikan, (Jakarta: Rajagrafindo, 2004)
Mukhtar, Maksum, Madrasah Sejarah dan Perkembangannya, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)
Mulyasa, Enco, Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014)
Mulyono, Mewujudkan Keunggulan Madrasah, Vol. 2, No.1. Tahun 2009
Riduwan, Metode dan Teknik Penyusunan Tesis, (Bandung: Al-Fabeta, 2014)
Soetopo, Hendyat, Pendidikan dan Pembelajaran, (Malang, UMM Malang, 2005)
Steenbrink, Karel A, Pesantren Madrasah Sekolah, (Jakarta: LP3ES, 1986)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuaantitatif, Kualitatif, dan R&D), (Bandung. Alfabeta, 2016)
Sumidjo, Wahyu, Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Yogyakarta: Rajawali Pers, 2008)
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001)
Undang-undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003
Published
2019-06-24
How to Cite
ANDAYANI, Andayani. STRATEGI PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MELALUI MANAJEMEN PEMBIAYAAN. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-16, june 2019. ISSN 2684-9208. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edulead/article/view/99>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v1i1.99.