Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Model Pembelajaran Student Teamachievement Division(STAD) Pada Siswakelas IX A SMPN 1 Astanajapura Tahun Pelajaran 2023/2024

  • Siti Azyzah SMPN 1 Astanajapura

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada siswa kelas IX A SMPN 1 Astanajapura Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMPN 1 Astanajapura Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 sampai 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, tes kognitif, tes unjuk kerja, pencatatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, soal, lembar instrumen unjuk kerja, dan catatan lapangan. Aspek yang diteliti meliputi kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Tindakan yang diberikan oleh guru sebagai indikator keterlaksanaan dan peningkatan pembelajaran dengan metode pembelajaran Student Teams Achievement Divison (STAD) berupa evaluasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, paparan data dan penyimpulan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi,dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tips Pintar PTK. Yogyakarta: Laksamana
Budiwiyanto, Joko. 2007. “Bentuk dan Fungsi Ragam Hias pada Pendapa Sasana Sewaka di Keraton Kasunanan Surakarta”. Jurnal Ilmu dan Seni, 5, 1. Hlm. 74
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Santos Higiuta. 2012. “Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Butir-Butir soal UAS Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Banguntapan Tahun Ajaran 201 1/2012” Skripsi. Universitas Negeri Malang
Sharan, Shlomo. 2009. Handbook of Cooperative Learning, Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Imperium
Sila I, Nyoman & Dewi Ayu Made Budiyani. 2013. “Kajian Estetika Ragam Hias Tenun Songket Jineng Dalem Buleleng” Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2, I. Hlm.1 60
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta.
Soekamto, Tuti & Udin Saripudin Winataputra. 1997. Teori Belajar dan Model- Model Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka Press.
Sudraj at, Akhmad. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran. Diakses Tanggal 19 November 2014 pukul 16.00.
Sugiyono. 2010. Statistik untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.
Sunarman, Yoseph Bayu. 2010. 2010 “Bentuk, Rupa, dan Makna Ragam Hias di Pura Mangkunegaran Surakarta” Tesis. Surakarta: Program Studi Pascasarjana Fakultas Sastra dan Seni Rupa, Universitas 11 Maret Surakarta
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative learning teori dan Aplikasi PAIKEM. Cetakan Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2023-12-19
How to Cite
AZYZAH, Siti. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Model Pembelajaran Student Teamachievement Division(STAD) Pada Siswakelas IX A SMPN 1 Astanajapura Tahun Pelajaran 2023/2024. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 51 – 60, dec. 2023. ISSN 2684-9208. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edulead/article/view/1623>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v5i2.1623.