Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX.C SMP Negeri 1 Beber Tahun Pelajaran 2023/2024

  • Nani Srinaningsih SMPN 1 Beber

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan minat belajar siswa Kelas IX.C di SMPN 1 Bebermelalui penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dalam pelajaran IPS ; (2) Peningkatan prestasi belajar siswa Kelas IX.C di SMPN 1 Bebermelalui penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dalam pelajaran IPS.  Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX.C di SMPN 1 Beber dengan jumlah 36 siswa hanya 32 orang yang hadir.Materi Pembelajaran tentang Perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia & benua lainnya.  Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan tes. Untuk menganalisis data dari lembar observasi, hasil angket dan tes prestasi belajar siswa digunakan analisis statistik deskriptif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
A rikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Awofala, Adeneye. 2012. “Effect of Framing and Team Assisted Individualized Instructional Strategies on Students Achievment in Mathematics”. Dalam Journal of College Teaching & Learning. Nigeria: University of Lagos.
Ikmah, Siti Fiki. 2012.”Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Berbantuan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ekonomi”. Dalam Economic Education Analysis Journal, Volume 1 No. 1. Semarang: Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Universitas Negeri Semarang.
Johnson, David W. dan Roger T. Johnson. 2002. “Cooperative Learnig Methods: A Meta-Analysis”. Dalam Journal of Reserch in Education Fall 2002, Vol 12 No.1. Minneapolis: University of Minnesota.
Nneji, Love. 2010. “ Impact of Framing and Team Assisted Individualized Instructional Strategies Students’ Achievment in Basic Science in the North Central Zone of Nigeria”. Dalam International Journal of Sciencies,
Volume 1. Nigeria: Nigerian Educational Research and Development Council Sheda.
Riyanti. 2012. “Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Pemeliharaan Bahan Tekstil dengan Metode Pembelajaran Tipe Team Assisted Individualization di SMK N 6 Yogyakarta”. Dalam Jurnal JUNY, Volume 1 Nomor 1. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sanj aya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Santoso, Jarot Tri Bowo. 2013. Strategi Pembelajaran Akuntansi. Semarang: Yayasan Studi Bahasa Jawa (YSBJ) “KANTHIL”.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Beror ientasi Konstr uktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Wahyuning, Arie. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dengan Teknik Tutor Sebaya terhadap Prestasi Belajar Ekonomi dengan Pengendalian Kemampuan Penalaran Formal Siswa Kelas VIII Bilingual SMP RSBI Denpasar ”. Under
Published
2023-12-19
How to Cite
SRINANINGSIH, Nani. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX.C SMP Negeri 1 Beber Tahun Pelajaran 2023/2024. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 43 – 50, dec. 2023. ISSN 2684-9208. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edulead/article/view/1622>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v5i2.1622.