EVALUASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA

  • Siti Ramdhoni IAI BUNGA BANGSA CIREBON

Abstract

Ada empat komponen evaluasi yakni; 1) Evaluasi Context (konteks) yang secara keseluruhan sudah cukup maksimal, hal ini dilihat dari perencanaan, tujuan dan kesiapan sarana dan prasarana yang digunakan untuk kegiatan pramuka. 2) Evaluasi Input (masukan) yang mana ektrakurikuler pramuka di MTs Al-Ishlah Panambangan Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon di ikuti oleh siswa kelas VII yang berjumlah 93 siswa. 3) Evaluasi Process (pelaksanaan) dimana kegiatan pramuka rutin dilaksanakan setiap hari jumat dengan materi, permainan yang sangat sesuai dengan kepanduan dan  kegiatan yang dilaksanakan tahunan adalah perkemahan. 4) Evaluasi Product (hasil) dapat dilihat dari perubahan sikap dan juga pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pramuka yang cukup besar dampaknya sesuai dengan besarnya prosentase mengenai dampak kegiatan pramuka yang mana siswa dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung kedalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun diluar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka sebagai salah satu media untuk meningkatkan dan mengembangkan karakter siswa di MTs Al-Ishlah Panambangan Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon.Teknik analisis data menggunakan teknik trianggulasi data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto & Darmiatun, Suryatri, Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah, (Yogyakarta: Gava Media, 2013)
Fajar S. Suharto dan Syahdewa, Bahan Ajar Pramuka. (PT. Teratai Emas Indah, 2011)
Hamalik, Oemar, Manejemen Pengembangan Kurikulum, (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2006)
Majid, Abdul & Andayani, Dian, Pendidikan Karakter Persfektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017)
Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007)
Mursitho, Kursus Mahir Dasar untuk Pembina Pramuka, (Kulonprogo: Kwarcab Kulon Progo, 2010)
Nurpiana, Elma. (2013). Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan pada Siswa Kelas VII di MTs N Pakem, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. (Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2013)
Perpres tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) No 87 Tahun 2017.
Ralph, Tyler. 2010. Models of Teaching, New Jersey : Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs.
Shaleh, AR, Pendidikan Agama dan Pembangunan Watak Bangsa. (Jakarta: PT.Grafinda Persada, 2005)
Santoso, L AZ, Panduan Lengkap Pramuka, (Jakarta : Buku Biru, 2014)
Stufflebeam, Guba, Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah, (Bandung: Yrama Widya, Cet ke 2, 2008)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta)
Suharso dan Ana Retnoningsih, (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia : Edisi Lux, (Semarang: Widya Karya, 2011)
Suryosubroto, Proses Belajar-Mengajar di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 1997)
Utomo, Pembentukan Karakter Siswa Melalui Permainan Pramuka Berkelompok Pada Pendidikan Dasar, 2016
http://id.mwikipedia.org>wiki.Ekstrakulikuler-Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedi.bebas. Jumat.pukul 08.19
https://www.academia.edu.35364954/pendidikan_karakter_siswa_di sekolah menurut Thomas Lickona. (diakses tanggal 19 Februari,pukul 11:55 )
gamaraka blogspot.com.2013/05.sku.SKU dan SKK dan tanda pengenal gerakan Pramuka -GRAMAKA-Go Smansa Go!
https://id.wikepedia.org/wiki/Evaluasi ( Diakses pada tanggal 7 Januari 2018 )
https://www.komasiana.com ( diakses pada tanggal 7 Januari 2018 )
Published
2019-06-24
How to Cite
RAMDHONI, Siti. EVALUASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA. Edulead : Journal of Education Management, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 71-82, june 2019. ISSN 2684-9208. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edulead/article/view/109>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.47453/edulead.v1i1.109.