Peran Bibliocounseling Dalam Meningkatkan Kedamaian Psikologis

  • M. Syakur Universitas Ibrahimy Situbondo, Indonesia
  • Ahmad Andry Budianto Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan, Indonesia

Abstract

Bimbingan dan konseling merupakan proses bantuan yang diberikan oleh konselor kepada konseli secara berkelanjutan dan sistematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran bibliocounseling dalam meningkatkan kedamaian psikologis. Penelitian ini menggunakan metode penelitin kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data peneliti melakukan observasi dan wawancara terhadap dua orang guru bimbingan dan konseling SMA Negeri di Pamekasan. Hasil dari penelitian ini bahwa bibliocounseling bukan hanya metode tambahan dalam dunia pendidikan di Kabupaten Pamekasan, tetapi merupakan alat yang efektif dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung kesejahteraan siswa secara menyeluruh. Dengan fokus pada pengembangan literasi emosional, refleksi identitas, keterampilan sosial, dan pemecahan masalah, bibliocounseling mampu memberikan dampak positif yang mendalam pada perkembangan pribadi dan sosial siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardimen, Ardimen et al. 2019. “Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah.”
Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 8(2): 278–98. doi:10.32832/tadibuna.v8i2.2232.
Bahari, Arman Adiviani. 2023. “ANALYSIS OF THE ROLE AND CHALLENGES OF
PARENTS IN EDUCATING CHILDREN POST-PANDEMIC COVID-19.” Jurnal
Kajian Pendidikan dan Psikologi 1(2): 84–91. doi:10.61397/jkpp.v1i2.47.
Dewi, Rizqi Puspita, and Bambang Dibyo Wiyono. 2018. “KONSELING KELOMPOK
TEKNIK BIBLIOKONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
SISWA KELAS V MI NURUL HUDA 2 KOTA MOJOKERTO.” 9(1).
https://ejournal.unesa.ac.id (February 11, 2024).
Farawowan, Fauziah F. et al. 2023. “DEVELOPMENT OF CAREER INFORMATION
MEDIA FOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN JAKARTA.” Jurnal Kajian Pendidikan
dan Psikologi 1(2): 75–83. doi:10.61397/jkpp.v1i2.44.
Hariyadi, Sigit, D. Y. P. Sugiharto, and Anwar Sutoyo. 2014. “BIMBINGAN KELOMPOK
TEKNIK BIBLIO-COUNSELING BERBASIS CERITA RAKYAT UNTUK
MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA SMP.” Jurnal
Bimbingan Konseling 3(2). doi:10.15294/jubk.v3i2.4613.
Hastiani, Hastiani, Rustam Rustam, and Eka Heriyani. 2019. “Bibliocounseling Berbasis Nilai
Kearifan Lokal Robo-Robo Etnis Melayu Sebagai Penegasan Identitas Diri Remaja
Pontianak.” Solution?: Journal of Counselling and Personal Development 1(1): 26–39.
Husein, Ibrahim Ali, Andi Mappiare-AT, and Fattah Hanurawan. 2020. “Politeness Value
Adoption from Petitih Minangkabau Proverbs on Bibliocounseling as KIPAS
Counseling Model.” Jurnal Pendidikan Humaniora 8(2): 50–57.
Iswadi, Iswadi, Neti Karnati, and Ahmad Andry B,. 2023. STUDI KASUS Desain Dan Metode
Robert K.Yin. Penerbit Adab.
Jaya, I. Made Laut Mertha. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori,
Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia.
Malik, Muhamad Ibnu. 2023. “IMPLEMENTATION OF CHARACTER EDUCATION IN
EFFORTS TO FORM STUDENTS’ INDEPENDENCE AT TAHFIDZ AL-QUR’AN
ISLAMIC BOARDING SCHOOL DAARUL ’ULUUM LIDO.” Jurnal Kajian
Pendidikan dan Psikologi 1(2): 66–74. doi:10.61397/jkpp.v1i2.41.
Mauliza Atika`, 180213068. 2023. “Penerapan Konseling Individual Teknik BiblioCounseling Berbasis Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa
SMA Negeri 7 Banda Aceh.” other. UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28807/ (February 11, 2024).
Muqtazal, Barid. 2022. “Identification Based Education Biblio Media Maladjustment Ego
Counseling at SMP N 2 Silaut.” Jurnal Riset Ilmu Pendidikan 2(4): 269–75.
doi:10.56495/jrip.v2i4.198.
Putra, Dewa Armansyah, and Umar Anwar. 2023. “THE INFLUENCE OF EMOTIONAL
INTELLIGENCE AND SPIRITUAL INTELLIGENCE ON AGGRESSIVE
BEHAVIOR AMONG PRISONERS IN CLASS IIA CORRECTIONAL
INSTITUTIONS PURWOKERTO.” Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi 1(2):
120–28. doi:10.61397/jkpp.v1i2.63.
Rahayuningsih, Endang. 2021. “TEKNIK BIBLIOKONSELING DALAM LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING DITENGAH SCHOOL FROM HOME.” HELPER?:
Jurnal Bimbingan dan Konseling 38(1): 35–41. doi:10.36456/helper.vol38.no1.a3529.
Sari, Eva Kartika Wulan. 2023. “Pengembangan Bibliokonseling untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa.” Edu Consilium?: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan
Islam 4(2): 30–40. doi:10.19105/ec.v4i2.9462.
Sujono, Salman Al Farizy, Qisthina Aulia, and Cahyoko Edi Tando. 2023. “CONNECTION
WITH SELF-EFFICACY ON PSYCHOLOGICAL PRESSURE OF CORRECTIONAL
OFFICERS IN CLASS I COMMUNITY INSTITUTIONS TANGERANG.” Jurnal
Kajian Pendidikan dan Psikologi 1(2): 102–10. doi:10.61397/jkpp.v1i2.61.
Wibowo, Sonny Tri, Siti Fitriana, and Mujiyono Mujiyono. 2023. “Pengaruh Layanan
Bimbingan Kelompok Metode Biblio-Counseling Terhadap Perencanaan Karir Siswa Di
SMA Negeri 1 Weleri.” Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya,
dan Sosial Humaniora 1(2): 13–34. doi:10.59024/atmosfer.v1i2.56.
Published
2024-02-27
How to Cite
SYAKUR, M.; BUDIANTO, Ahmad Andry. Peran Bibliocounseling Dalam Meningkatkan Kedamaian Psikologis. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 63-72, feb. 2024. ISSN 2746-6787. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/view/1539>. Date accessed: 01 may 2024. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v5i1.1539.
Section
Articles