Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Siswa

  • Rini Setiawati Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
  • Arifta Nurjanah Universitas Tidar, Magelang, Indonesia

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan fenomena di mana seseorang menunda-nunda pekerjaan atau tugas-tugas akademik yang seharusnya segera diselesaikan. Hal ini masalah yang umum di kalangan siswa dan jika tidak segera ditangani dapat berdampak negatif pada prestasi akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab prokrastinasi akademik siswa dan cara mencegah terjadinya prokrastinasi akademik siswa. Studi ini menerapkan pendekatan kualitatif. Validasi pada pedoman wawancara mencakup validasi isi yang melibatkan penilaian oleh ahli profesional. Proses analisis data kualitatif melalui penerapan metode perbandingan tetap (constant comparative method), yang melibatkan perbandingan data satu dengan yang lain (metode grounded research). Partisipan dalam penelitian terdiri dari siswa-siswa pada salah satu SMA swasta di Kota Magelang berjumlah total 8 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah tugas, mata pelajaran, diri sendiri, teman, kegiatan di luar sekolah, guru, sumber belajar, dan orang tua; 2) cara mencegah prokrastinasi akademik adalah menumbuhkan kesadaran dan kebiasaan pada diri siswa dan dukungan dari guru untuk memberikan tugas yang sesuai dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chisan, Fazaiz Khoirotun, and M. Jannah. 2021. “Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan
Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Penelitian
Psikologi 8(5):1–10.
Chotimah, Chusnul, and Lukluk Nurmufida. 2020. “Pengaruh Self Regulated Learning Dan
Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa.” J-MPI (Jurnal
Manajemen Pendidikan Islam) 5(1):55.
Codina, Nuria, Isabel Castillo, José V Pestana, and Isabel Balaguer. 2020. “Preventing
Procrastination Behaviours: Teaching Styles and Competence in University Students.”
Sustainability 12(6):2448.
Fitriani, Amel, Nabella Yaniariza Putri Pratama, Salsha Fairuz Putri Isa, and Septi Yunita.
2022. “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah
Dasar.” Journal on Education 5(1):1253–62.
Fridén, Iselin. 2020. “Procrastination as a Form of Self-Regulation Failure: A Review of the
Cognitive and Neural Underpinnings.”
Ghufron, M. R., and R. Risnawita. 2011. “Teori-Teori Psikologi (Cetakan Kedua).”
Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. ISBN 978:924–79.
?rem, Özge Bebek, Merve Sahin Can, Hayrettin Kara, Hayriye Baykan, and Tunay Karl?dere.
2023. “Evaluating the Frequency of Academic Procrastination and Associated Factors in
the Academic Population.” Acta Medica Ruha 1(3):323–34.
Nuraida, Fajriah. n.d. “Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Prokrastinasi
Akademik Siswa SMA Pada Pelajaran Kimia Selama Pembelajaran Jarak Jauh.”
Olleras, Jean Louise, Marissa Dagwayan, Aliann Marie Dejacto, Jenny Rose Mangay,
Medalyn Ebarsabal, Dinah Jean Diaz, Christine Puti-an, Andrew Lendio, Joan Nadera,
and Jingoy Taneo. 2022. “The Life of the Laters: Students Procrastination in
Accomplishing Academic Deadlines in Online Learning.” Psychology and Education: A
Multidisciplinary Journal 2(5):444–54.
Patel, Michele L., Lindsay N. Wakayama, and Gary G. Bennett. 2021. “Self?monitoring via
Digital Health in Weight Loss Interventions: A Systematic Review among Adults with
Overweight or Obesity.” Obesity 29(3):478–99.
Patra, Vlachopanou, Karagiannopoulou Evangelia, and Ntritsos Georgios. 2022. “The
Relationship Between Defenses and Learning: The Mediating Role of Procrastination
and Well-Being Among Undergraduate Students.” The Journal of Nervous and Mental
Disease 10–1097.
Pedhu, Yoseph, and MARIA YULI INDRAWATI. 2022. “Motivasi Belajar Dan Prokrastinasi
Akademik Siswa SMP Santo Fransiskus II Jakarta.” Psiko Edukasi 20(2):151–64.
Pollock, Jane E., and Laura J. Tolone. 2020. Improving Student Learning One Teacher at a
Time. ASCD.
Rahimi, Sonia, and Nathan C. Hall. 2021. “Why Are You Waiting? Procrastination on
Academic Tasks among Undergraduate and Graduate Students.” Innovative Higher
Education 46:759–76.
Riyadlussolikhin, Muchammad Eddytiya. 2018. “PENGARUH LAYANAN KONSELING
KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI
PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas XI
SMK 17 Kota Magelang).”
Svartdal, Frode, and Jon Arne Løkke. 2022. “The ABC of Academic Procrastination:
Functional Analysis of a Detrimental Habit.” Frontiers in Psychology 13:1019261.
TOLAN, Özlem ÇAKMAK. 2023. “Developing University Students Coping Skills with
Academic Procrastination Behavior: A Cognitive Behavioral Theory Based
Psychoeducation Practice.” Journal of Computer and Education Research 11(22):728–
43.
Utaminingsih, Sartika, and Iman Setyabudi. 2012. “Tipe Kepribadian Dan Prokrastinasi
Akademik Pada Siswa Sma” x” Tangerang.” Jurnal Psikologi Esa Unggul
10(01):127006.
Yudha, Akbir Wira, Yulianti Yulianti, and Nelyahardi Gutji. 2023. “PENGARUH
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PROKRASTINASI
AKADEMIK SISWA DI SMA N 10 KOTA JAMBI.” Biblio Couns: Jurnal Kajian
Konseling Dan Pendidikan 6(2):68–80.
Zhang, Shunmin, Tom Verguts, Chenyan Zhang, Pan Feng, Qi Chen, and Tingyong Feng.
2021. “Outcome Value and Task Aversiveness Impact Task Procrastination through
Separate Neural Pathways.” Cerebral Cortex 31(8):3846–55.
Published
2024-02-22
How to Cite
SETIAWATI, Rini; NURJANAH, Arifta. Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Siswa. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 35-46, feb. 2024. ISSN 2746-6787. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/view/1328>. Date accessed: 01 may 2024. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v5i1.1328.
Section
Articles