Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Kelas IX MTS Bahrul Ulum Jombang

  • Yassirli Amriya Universitas KH. Wahab Hasbullah Jombang
  • M. Wafiyul Ahdi Universitas KH. Wahab Hasbullah Jombang

Abstrak

Pembelajaran Akidah Akhlak bertujuan untuk membina keimanan dan perkembangan prilaku dari setiap peserta didiknya. Penelitian ini difokuskan pada upaya akidah akhlaq dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang ada di MTs Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research) dengan bersifat kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data yang diperoleh pada penelitian ini dengan cara triangulasi sumber, member check dan meningkatan ketekunan/ kejegan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memiliki empat upaya dalam meningkatan motivasi belajar siswa di MTs Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang Sehingga siswa menjadi tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran Akidah Akhalak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dari delapan upaya yang dilakukan ada yang menjadi dominan yaitu memberikan penilaian, hal ini dilakukan karena dengan memberikan nilai dari hasil kerja siswa akan memacu motivasi dalam belajar, sehingga ilmu yang didapatkan menjadi pedoman dalam kehidup sehari – harinya

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Abidin, Z. (2016). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Jurnal Edcomtech, 1(April), 9–20.
Dedi Wahyudi, D. S. W. (2017). Akhlaq Melalui Multimedia LCD Proyektor. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 18(1), 1–15.
Halid, A., Ghafir, A. A. S. Al, & Rosyidi, I. A. (2021). Improving Semangat Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Melalui Pendekatan Variasi Pembelajaran Di MTs. SUBULUS SALAM. Madinah Studi Islam, 8, 224–234.
Iskandar. (2010). MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 2 MODEL PEKANBARU. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif.
Marita Sari, D. (2019). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 144–169. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.13
Rahmawati. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Wanagading Kecamatan Bolano Lambunu Kabupaten Parigi Moutong Efforts to Increase Students ’ Learning Motivation Through Quest. IQRAJurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 16, 47–54.
Subahri, S. (2015). Aktualisasi Akhlak Dalam Pendidikan. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2), 167. https://doi.org/10.19105/islamuna.v2i2.660
Sufyan Ats Tsauri, M., & Andrean, S. (2020). Strategi Guru Aqidah Akhlak Dalam Mananamkan Karakter Peserta Didik Di Mi Wahid Hasyim. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 215–226. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2636
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
SUjarweni, W. (2015). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press.
Wardani, S. D., & Wahyudi, D. (2017). Akhlaq Melalui Multimedia LCD Proyektor. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 1–15
Diterbitkan
2022-09-30
##submission.howToCite##
AMRIYA, Yassirli; AHDI, M. Wafiyul. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Kelas IX MTS Bahrul Ulum Jombang. Change Think Journal, [S.l.], v. 1, n. 03, p. 330-336, sep. 2022. ISSN 2829-6664. Tersedia pada: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/changethink/article/view/756>. Tanggal Akses: 18 mei 2024