Pengaruh Terapi Okupasi Dengan Media Ape Spon Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita

  • Siti Hanifah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Lince Yayuk Kusdarini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • M. Suliyono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Anak tunagrahita yang memiliki hambatan motorik halus baik pada Sekolah Luar biasa atau di lembaga terapi maka anak ini perlu diberikan pelayanan khusus yaitu terapi okupasi. Pada penelitian ini dirancang menggunakan One-shot Case Study Research Design. Dengan cara total sampling dan jumlah sampling 4 anak. Hasil penelitian sebelum dilaukan ntervensi terapi okupasi yaitu dengan mean = 1,75 (Diragukan) dan SD =2,62. Kemudian setelah dilakukan intervensi terapi okupasi menjadi mean = 3,25 (sesuai tahap perkembangan) dan SD =4,87. Dengan demikian Dapat disimpulkan bahwa terapi okupasi efektif terhadap perkembangan motorik halus anak dengan tunagrahita dan kepada pihak terapis agar dapat secara rutin melaksanakan terapi okupasi sebagai salah satu intervensi keperawatan terhadap perkembangan motorik halus anak dengan tunagrahita. Dengan penelitian ini diharapkan dapat berguna dalam memberikan intervensi terapi okupasi terhadap anak tunagrahita melalui media APE Spon

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Mambela, S. (2020). Penerapan Pelatihan Terapi Auditory Verbal Therapy (AVT) untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Tunarungu. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 6(1), 39-42.
Damayanto, A., Prabawati, W., & Jauhari, M. N. (2020). Kasus Bullying pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Ortopedagogia, 6(2), 104-107.
Isni, L., Nurrohman, M., & Mambela, S. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Braille Pada Siswa Tunanetra di Kelas Taman Kanak-Kanak SLB A YPAB Surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 15(28), 195-201.
Ismail, T. (2020). Pengaruh Media Papan Pintar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Tunagrahita Ringan kelas IV di SLB-ACD Pertiwi Kota Mojokerto. Special and Inclusive Education Journal (Special), 1(2), 148-153.
Irvan, M., & Jauhari, M. N. (2018). The Accessibility of Inclusive Schools in Surabaya. 2nd INDOEDUC4ALL-Indonesian Education for All (INDOEDUC 2018), 148-150.
Irvan, M., Damayanto, A., Jauhari, M. N., & Aqilah, T. S. (2021, September). The Effectiveness Factors of Online Learning Throught Learning Management System for Students with Disabilities. In 2021 7th International Conference on Education and Technology (ICET) (pp. 107-110). IEEE.
Jauhari, M. N., Mambela, S., & Zakiah, Z. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhapad pelaksanaan pembelajaran penjas adaptif di Sekolah Luar Biasa. STAND: Journal Sports Teaching and Development, 1(1), 63-70.
Jauhari, M. N., & Idhartono, A. R. (2022). Pengoptimalan Aksesibilitas Fisik Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Disekolah Inklusi. Kanigara, 2(1), 264-269.
Mambela, S. (2021). Kasih Sayang Sebagai Asas Metologis Kegiatan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 2(1), 55-61.
Padmadiani, A., Jauhari, M. N., & Badiah, L. I. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif untuk Pendidikan Seks Usia Dini bagi Siswa Tunagrahita. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 2(2), 110-118.
Rani, K., & Jauhari, M. N. (2018). Keterlibatan orangtua dalam penanganan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 55-64.
Rosmi, Y. F., Wasesa, A. J. A., & Mardhika, R. (2021). Motor Ability untuk Menunjang Activity Daily Living (ADL) Pada Anak Cerebral Palcy. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 2(2), 131-139.
Rosmi, Y. F. (2016). Pendidikan jasmani dan pengembangan karakter siswa sekolah dasar. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 66(1), 55-61.
Published
2022-09-30
How to Cite
HANIFAH, Siti; KUSDARINI, Lince Yayuk; SULIYONO, M.. Pengaruh Terapi Okupasi Dengan Media Ape Spon Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita. Change Think Journal, [S.l.], v. 1, n. 03, p. 281-288, sep. 2022. ISSN 2829-6664. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/changethink/article/view/742>. Date accessed: 18 may 2024.