Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Era Pandemi Covid-19 Dalam Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar PAI Pada Siswa Kelas X Jurusan Farmasi SMK Farmasi YPIB di Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Era Pandemi Covid-19 dalam Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar PAI Pada Siswa Kelas X Jurusan Farmasi SMK Farmasi YPIB di Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon. Kajiannya dilatarbelakangi adanya pandemi covid-19 yang berdampak pada semua sektor khususnya di bidang pendidikan yang berdampak pada minat dan motivasi belajar siswa menurun karena merasa bosan, jenuh dan monoton sehingga siswa menjadi tidak antusias dalam belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, interview wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran jarak jauh dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar PAI siswa kelas X jurusan farmasi di SMK Farmasi YPIB Kedawung dilakukan secara online dengan memanfaatkan berbagai media seperti whatsapp, google classroom, zoom meeting dan school management system (SMS). Hambatan dalam pembelajaran online diantaranya sulitnya merancang RPP yang sesuai keadaan siswa dan kemampuan guru, keadaan ekonomi keluarga yang berdampak pada ketidakmampuannya membeli kuota; siswa merasa bosan, kurangnya perhatian orangtua dalam mengawasi anaknya belajar di rumah, guru tidak bisa memastikan perkembangan belajar siswa secara menyeluruh, sehingga hasil belajar siswa selama pembelajaran jarak jauh belum bisa mencerminkan keberhasilannya. Oleh karena itu, sekolah mengeluarkan kebijakan yaitu mengadakan In House Training (IHT) dalam perancangan RPP, memberikan bantuan kuota kepada siswa baik dari pemerintah maupun sekolah, wali kelas bekerjasama dengan guru untuk selalu berkomunikasi dengan orangtua dan mengevaluasi perkembangan siswa selama belajar di rumah
Downloads
References
Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) Di Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136
Basar, A. M., Islam, P. A., Nurul, S., Cikarang, F., & Bekasi, B. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.
Covid19.go.id. (2020). Index @ Covid19.Go.Id. https://covid19.go.id/
Dina Sri Nindiati. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh yang Memandirikan Siswa dan Implikasinya Pada Pelayanan Pendidikan. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(1), 14–20.
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan pembelajaran jarak jauh.
Dwi Surjono, H. (2013). Membangun Course E - Learning Berbasis Moodle.
Ferismayanti. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi COVID-19. 2(2), 1–10.
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Http://repository.unpas.ac.id. (2015). Blended Learning.
https://www.uii.ac.id. (2020). bagaimana-islam-memandang-pandemi-covid-19. https://www.uii.ac.id/bagaimana-islam-memandang-pandemi-covid-19/
Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). 021.
Kemenkes.go.id. (2020). pandemi-covid-19-tuntut-masyarakat-hidup-normal-yang-baru @ www.kemkes.go.id. https://www.kemkes.go.id/article/view/20052000001/pandemi-covid-19-tuntut-masyarakat-hidup-normal-yang-baru.html
Latip, A. (2020). Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Edukasi dan Teknologi, 1(2), 107–115.
Magdalena, I., Rachmadani, A., & Aulia, M. (2020). Penerapan Pembelajaran dan Penilaian Secara Online di Masa Pandemi SDN Karang Tengah 06 Tangerang. 2, 393–409.
Mutaqinah, R., & Hidayatullah, T. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat. Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan, 6(September), 86–95.
Pratiwi, I. W. (2020). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar, Klaten, Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Pengembangan SDM, 9(2), 30-46.
Tian Belawati. (2019). Buku pembelajaran online 179. Universitas Terbuka.
Purnomo, A., Ratnawati, N., & Aristin, N. F. (2016). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 70–76.
Ratnasari, E. K. A. (2014). Evaluasi Proses Pembelajaran PAI Dalam Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Palopo. (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO).
Panditung, A. R. (2020). Implementasi Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Era Pandemi Covid-19 di Tingkat SMA. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(4), 231-240.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Syamsiyah Nasution. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 147 Palembang. 07(02), 68–79.
Susiyanti, S. (2017). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk Karakter Islami (Akhlak Mahmudah) di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung)