Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Risyda Aini Khoerunnisa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • N Fathurrohman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Zaenal Arifin Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

A motivational strategy in learning is a plan that includes a series of activities spescifically designed and developed to meet certain educational goals. Therefore, it is necessary to realize the goals of an ideal education plan in accordance with educational values. Therefore, teachers must have a learning motivation strategy to inspire students to learn in a fun, interesting and not monotonous way. To achieve the goal of increasing student motivation, teachers must increasingly choose and apply motivational teaching strategies, methods, and methods that are in accordance with these abilities. The purpose of this study is describing teachers strategies applied in increasing student motivation in Islamic Religious Education subjects and describing the increase in students learning motivation in the subject of Islamic Religious Education.


Abstrak


Strategi motivasi dalam pembelajaran adalah suatu rencana yang mencakup serangkaian kegiatan yang dirancang dan dikembangkan secara khusus untuk memenuhi tujuan pendidikan tertentu. Oleh karena itu, perlu diwujudkan tujuan dari rencana pendidikan yang ideal sesuai dengan nilai-nilai pendidikan. Oleh karena itu, guru harus memiliki strategi motivasi belajar untuk menginspirasi peserta didik agar belajar dengan cara yang menyenangkan, menarik dan tidak monoton. Untuk mencapai tujuan meningkatkan motivasi siswa, guru harus semakin memilih dan menerapkan strategi, metode, dan metode pengajaran motivasi yang sesuai dengan kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi guru yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam serta mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadah, A. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Nahdhotul Ulama’ Sunan Giri Kepanjen Malang. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 363. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i2.379
Moloeng, L. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Purwanto, N. (2014). Psikologi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Rosyid, Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2020). Prestasi Belajar. Literasi Nusantara.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Published
2021-08-24
How to Cite
KHOERUNNISA, Risyda Aini; FATHURROHMAN, N; ARIFIN, Zaenal. Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 133-140, aug. 2021. ISSN 2746-6760. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/permata/article/view/416>. Date accessed: 25 feb. 2024.