Kepemimpinan Kewirausahaan di Bidang Pendidikan

  • Dian Rosinawati Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Syaefullo Syaefullo Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Azi Khoirurrahman Universitas Islam Nusantara Bandung

Abstract

 The application of entrepreneurship in educational institutions by school principals can be through the management of programs that can grow and develop their schools in producing real work that is highly competitive in order to prepare the future of their students in the midst of the complex challenges of entering Industry 4.0. This study aims to determine the spirit of entrepreneurship in education leadership based on religion, philosophy, psychology and sociology. This research is a type of library research by collecting library data, taking notes and reading and processing research materials. The results of the study show that 1) Success in entrepreneurship will come to someone who carries out the teachings of Islam in their activities, and always tries and does not give up in running it. 2) The essence of entrepreneurship for educational leadership or school principals is not making him an entrepreneur but making him an agent of change for creative ideas, innovations, his findings, implementing competitive models, approaches, management and leadership strategies and producing quality for his educational institutions. 3) The ability that must be possessed by an educational leader in carrying out his role as an entrepreneur in an educational institution is to have an entrepreneurial spirit, attitude, and behavior. 4) The entrepreneurial influence of educational leadership in terms of the social environment, the creativity and innovation of an educational leader can realistically be utilized for the benefit of students, teachers and institutions as well as for the community using graduates who are competitive and useful in society.


ABSTRAK


 


Penerapan kewirausahaan pada Lembaga Pendidikan oleh kepala sekolah dapat melalui pengelolaan program-program yang dapat menumbuhkan dan mengembangkan sekolahnya dalam menghasilkan karya nyata yang berdaya saing tinggi guna mempersiapkan masa depan peserta didiknya di tengah kompleksitas tantangan memasuki Industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jiwa enterpreneurship dalam kepemimpinan pendidikan berbasis agama, filsafat, psikologi dan sosiologi. Penelitian ini merupakan  jenis riset kepustakaan (library research) dengan pengumpulan data pustaka, mencatat dan membaca serta mengolah bahan penelitian. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Keberhasilan dalam berwirausaha akan datang pada seseorang yang melaksanakan ajaran agama Islam pada kegiatannya, serta selalu berusaha dan tidak menyerah dalam menjalankannya. 2) Hakikat kewirausaan untuk kepemimpinan Pendidikan atau Kepala Sekolah bukanlah menjadikannya sebagai pengusaha tetapi menjadikannya seorang agen perubahan atas ide kreatifitas, inovasi-inovasi hasil temuannya implementasi model, pendekatan, strategi manajemen dan kemimpinan yang berdaya saing dan menghasilkan mutu bagi Lembaga pendidikannya. 3) Kemampuan yang harus dimiliki seorang kepemimpinan Pendidikan dalam menjalankan perannya sebagai seorang entrepreneur di Lembaga Pendidikan, yaitu memiliki memiliki jiwa, sikap, dan perilaku kewirausahaan. 4) Pengaruh kewirausahaan kepemimpinan Pendidikan ditinjau dari kacamata lingkungan sosial maka kreatifitas dan inovasi dari seorang pemimpin kependidikan secara realistik dapat dimanfaatkan untuk kepentingan peserta didik, guru-guru dan lembaganya serta bagi masyarakat pengguna lulusannya yang mempunyai daya saing dan berguna di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Rusdiana. (2013). Kewirausahaan Teori dan Praktik. CV PUSTAKA SETIA. https://doi.org/10.31227/osf.io/6gujt
Ananda, R., & Rafida, T. (2016). Pengantar Kewirausahaan Rekayasa Akademik Melahirkan Enterpreneurship. In Perdana Publishing (Issue Rekayasa Akademik Melahirkan Enterpreneurship).
Edy Dwi Kurniati. (2015). Kewirausahaan Industri. In Books.Google.Com.
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90
Komariah, N. (2017). Kepemimpinan Entrepreneurship Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kemandirian Pembiayaan Sekolah. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), 1–26. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.131
Mulyadi. (2011). Kewirausahaan Bertindak Kreatif dan Inovatif (R. Press (ed.); 2011th ed.). Rafah Press Palembang.
Nurtanio Agus Purwanto. (2019). Kepemimpinan Pendidikan(Kepala Sekolah sebagai Manajer dan Leader) (Pertama). Digiprint media.
Prasetyani, D. (2020). Kewirausahaan Islami (Kundharu Saddono (ed.); 1st ed.). CV. Djiwa Amarta Press.
Sadiyah, K., Hasbiyah, W., & Dwi Septiningrum, L. (2020). Loyalitas Kreativitas Abdi Masyarakat Kreatif Loyalitas Kreativitas Abdi Masyarakat Kreatif. Jurnal LOKABMAS Kreatif, 01(03), 81–86.
Sugiarto, J., Wismanto, Y. B., & Utami, C. T. (2015). Efektivitas Pelatihan Entrepreneurship Skill Untuk Meningkatkan Minat Menjadi Entrepreneur. Prediksi, 4(1), 51. http://journal.unika.ac.id/index.php/pre/article/view/502
Sukirman, S. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 117. https://doi.org/10.24914/jeb.v20i1.318
Susanti, S. S. (2019). Moral Kepemimpinan Pendidikan Berlandaskan Agama, Filsafat, Psikologi Dan Sosilogi. Assalam, 2(3), 10. http://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/30/20
Suwantoro. (2018). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam Berbasis Entrepreneur. Journal of Applied Linguistik an Islamic Education, 02, 121.
Wahyudin Nur Nasution. (2015). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Tarbiyah, 22(1), 66–86.
Wening, M. H., & Santosa, A. B. (2020). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI ERA DIGITAL 4.0. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 56. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3537
Widodo, J. (2017). Kewiraswastaan dalam Perspektif Teoritis. Pendidikan Ekonomi, 10, No.2 2(ISSN 2548-7175), 16.
Yulastri Asmar. (2019). Karakter Wirausaha (2019th ed.). ALFABETA, CV. file:///C:/Users/Nella/Downloads/Documents/KARAKTER WIRAUSAHA III.pdf
Published
2021-08-31
How to Cite
ROSINAWATI, Dian; SYAEFULLO, Syaefullo; KHOIRURRAHMAN, Azi. Kepemimpinan Kewirausahaan di Bidang Pendidikan. Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 159-171, aug. 2021. ISSN 2715-7652. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/eduvis/article/view/404>. Date accessed: 05 mar. 2024.