Urgensi Penerapan Prinsip Manjemen Modern Pada Lembaga Pendidikan Islam

  • Muhammad Raihan Nasucha Muhammadiyah University of Malang
  • Mochamad Fikri Alby Rapsjani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ditya Mareta Ayu Puspitasari Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

The success of an educational institution cannot be separated from the management system that regulates all educational activities in it properly. Modern management principles are the key to success and provide various innovations and new breakthroughs in the governance of an educational institution. It is important for Islamic educational institutions to participate in implementing a modern management system that manages the various educational needs of an institution. With the application of good modern management principles in Islamic educational institutions and institutions, it will have a tremendous positive impact on the progress of these institutions. Efficiency and effectiveness will be obtained by Islamic education institutions in the education management system which will later help achieve the goals of Islamic education to be achieved.


ABSTRAK


 


Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan tidak dapat dilepaskan dari sistem manajemen yang mengatur segala aktivitas pendidikan didalamnya dengan baik. Prinsip manajemen modern menjadi kunci keberhasilan serta memberikan berbagai inovasi dan terobosan baru di dalam tata kelola sebuah lembaga pendidikan. Penting bagi lembaga pendidikan Islam untuk ikut serta dalam menerapkan sistem manajemen modern yang  mengelola berbagai kebutuhan pendidikan dalam sebuah institusi. Dengan penerapan prinsip manajemen modern yang baik dalam lembaga dan institusi pendidikan Islam akan memberikan dampak positif yang luar biasa untuk kemajuan lembaga tersebut. keefisiensian dan keefektifan akan didapatkan oleh lembaga pendidikan Islam dalam sistem pengelolaan pendidikan yang nantinya akan membantu mencapai tujuan pendidikan Islam yang hendak dicapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, Mohammad. 2019. “Urgensi Penerapan Manajemen Pendidikan Islam Di Era Global.” Munaqasyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran 1(1): 77–112. https://ejournal.stib.ac.id/index.php/mnq/article/view/10.
Ahmad Afan, Zaini. 2015. “URGENSI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.” Ummul Quro.
Basinun, Basinun. 2017. “Urgensi Manajemen Dalam Pengelolaan Pendidikan Islam.” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam.
Choir, Abu. 2016. “URGENSI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM.” J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam).
Fadillah, M Kharis. 2015a. “Managemen Mutu Pendidikan Islam Di Pesantren: Studi Di Pondok Modern Darussalam Gontor.” At-Ta’dib 10(1): 115–34. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib/article/view/333.
———. 2015b. “Manajemen Mutu Pendidikan Islam Di Pesantren.” At-Ta’dib 10.
Fakhruddin, Agus. 2011. “Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam Dalam Konteks Persekolahan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim.
Hermanto Nst, Mulyadi. 2018. “Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan Islam.” Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman 3(1): 228–49.
Husaini, Husaini, and Happy Fitria. 2019. “MANAJEMEN KEPEMIMPINAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan).
Janan Asifudin, Ahmad. 2017. “Manajemen Pendidikan Untuk Pondok Pesantren.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(2): 355–66.
Khori, Ahmad. 2018. “Manajemen Strategik Dan Mutu Pendidikan Islam.” MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(1): 75–99.
Kurniawati, Dhoni. 2018. “Manajemen Sumberdaya Manusia Dalam Perspektif Islam Dan Elevansinya Dengan Manajemen Modern.” Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 11(1): 19–40.
L. Hasyim, Sukarno. 2020. “MANAJEMEN SUMBER DAYA INSANI.” PENDIDIKAN MULTIKULTURAL.
Lazwardi, Dedi. 2017. “Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan.” Jurnal Kependidikan Islam.
Meriza, Iin. 2018. “Pengawasan (Controling) Dalam Institusi Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam.
Nawawi., Muhammad Adlan, and Abd. La’lang. 2020. “URGENSI PENINGKATAN MUTU DENGAN MENGGUNAKAN TOTAL QUALITY MANAJEMEN (TQM) DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILLENIAL.” Jurnal Andragogi 2(2): 188–204.
Riantono, Ignatius Edward. 2014. “Pengelolaan Manajemen Modern Dalam Mewujudkan Good Corporate Governance: Optimalisasi Pencapaian Tujuan Perusahaan.” Binus Business Review 5(1): 315.
Sidiq, Umar. 2015. “Urgensi Manajemen Strategik Dalam Lembaga Pendidikan: Implementasi Di MAN 3 Yogyakarta.” Jurnal Edukasi 3(1): 799–800.
Suwatah, Suwatah. 2017. “Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam.” EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam.
Thoha, Mohammad. 2016. “Manajemen Pendidikan Islam Koseptual Dan Operasional.” In Pustaka Radja, , 1–136.
Toriquddin, Moh., and Abd. Rauf. 2013. “MANAJEMEN PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI YAYASAN ASH SHAHWAH (YASA) MALANG.” Journal de Jure.
Umar, Mardan, and Feiby Ismail. 2018. “Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Tinjauan Konsep Mutu Edward Deming Dan Joseph Juran).” Jurnal Ilmiah Iqra’ 11(2).
Wekke, Ismail Suardi, Siddin, and Ibrahim Kasop. 2017. “PESANTREN, MADRASAH, SEKOLAH, DAN PANTI ASUHAN: POTRET LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MINORITAS MUSLIM.” At-Tajdid: (Jurnal Ilmu Tarbiyah) 6(1): 129.
Published
2021-08-31
How to Cite
NASUCHA, Muhammad Raihan; RAPSJANI, Mochamad Fikri Alby; PUSPITASARI, Ditya Mareta Ayu. Urgensi Penerapan Prinsip Manjemen Modern Pada Lembaga Pendidikan Islam. Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 148-158, aug. 2021. ISSN 2715-7652. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/eduvis/article/view/363>. Date accessed: 23 june 2024.