Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan

Studi Deskriptif di SMA Negeri 1 Kroya Kabupaten Cilacap

  • Agus Prayitno
  • Reni Wahyuningsih IAIN Purwokerto
  • Nurfuadi Nurfuadi IAIN Purwokerto

Abstract

In an educational institution the principal has a very important role in determining the back and forth of an educational institution because the principal is one of the components of education that has the most role in improving the quality of education and is directly responsible for education management which is directly related to all processes in a school. The principal has a big role in the process of improving the management of educational institutions, one of which is the principal as the top leader who has the right to make decisions and gives authority to teachers and all school members, the principal also supervises and monitors all matters relating to the school in particular and educational institutions in general. The purpose of this research was to determine the role of the principal in the quality management of educational institutions at SMA Negeri 1 Kroya, Cilacap Regency. The research that the authors do is included in the type of qualitative research. In collecting data, the author uses the method of observation, interviews, and documentation. From the research results, the data are collected and analyzed, then the data is reduced, then the data is presented in descriptive form and drawing conclusions. The results showed that the role of the principal in the management of quality improvement of educational institutions at SMA Negeri 1 Kroya is realized in the form of activities related to program achievement and school policy. In the management of improving the quality of educational institutions at SMA Negeri 1 Kroya, 4 stages are carried out according to the "PDCA" concept, namely plan (planning), do (implementation), check (checking), and act (follow up).


Abstrak


Dalam suatu lembaga pendidikan kepala sekolah memiliki peran yang sangat menetukan maju mundurnya suatu lembaga pendidikan karena kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalammeningkatkan kualitas pendidikan dan bertanggung jawab atas manajemen pendidikan secara langsung yang berkaitan dengan semua proses yang ada di suatu sekolah. Kepala sekolah memiliki peran yang besar dalam proses peningkatan manajemen lembaga pendidikan, salah satunya yaitu kepala sekolah sebagai puncak pimpinan yang berhak mengambil keputusan dan memberikan wewenang untuk para guru dan semua warga sekolah, kepala sekolah juga melakukan pengawasan dan monitoring terhadap semua hal yang berkaitan dengan sekolah pada khususnya dan lembaga pendidikan pada umumnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini, untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Mutu Lembaga Pendidikan di SMA Negeri 1 Kroya Kabupaten Cilacap. Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk kedalam jenis penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian kemudian data dikumpulkan dan dianalisis, kemudian data tersebut direduksi, selanjutnya data tersebut disajikan dalam bentuk deskriptif dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Kepala Sekolah dalam Manajemen Peningkatan Mutu  Lembaga Pendidikan di SMA Negeri 1 Kroya direalisasikan dalam bentuk kegiatan kaitannya dengan  ketercapaian program serta kebijakan sekolah. Dalam manajemen peningkatkan mutu lembaga pendidikan di SMA Negeri 1 Kroya, dilakukan 4 tahap sesuai dengan konsep “PDCA” yaitu plan (perencanaan), do (pelaksanaan), check (pengecekan), dan act  (penindaklanjutan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdus Salam. (2014). Manajemen Insani Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Basilius R. Werang. (2015). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Daryanto. (2011). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Departemen Pendidikan Nasional. (2000). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
E. Mulyasa. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
George R. Tery dan Leskie W. Rue. (2000). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Haris Herdiansyah. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.
Husain Usman. (2006. Manajemen (Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Jerry H. Makawimbang. (2011). Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Departemen Pendidikan Nasional. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Kebudayaan Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Muhammad Fadhli. (2017) Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal IAIN.
Muhammad Fitrah. (2017) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima.
Muhammad Kristiawan dkk. (2017). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nanang Fatah. (2009). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Roskarya.
Rohiyat. (2010). Manajemen Sekolah. Bandung: Refika Aditama.
Sri Banun Muslim. (2010). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Medan: Alfabeta.
Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan. (Tangerang: Ciputat Press.
Wahjosumidjo. (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Published
2020-08-31
How to Cite
PRAYITNO, Agus; WAHYUNINGSIH, Reni; NURFUADI, Nurfuadi. Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan. Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 1 - 14, aug. 2020. ISSN 2715-7652. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/eduvis/article/view/181>. Date accessed: 18 june 2021.