Pengaruh Model Pembelajaran Open – Ended Terhadap Higher Order Thinking Skills

  • Galuh Enggita Styanada Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ida Sulistyawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Susi Hermin Rusminarti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

It was explained that this research uses a quasi-experimental approach, in this research there is a treatment. This research used an experimental design, the result of the homogeneity test obtained the fcount of 1.77 compared to the dk-numerator f table 32 &dk-deniminsator 32 and the sig level . 5 % of the table price wich is 1.80. Because fcount <table , can be concluded that the experimental class and control class are proven to be homogeneous. He explained that the experimental class and proved to be normally distributed. It is concluded that the experimental class is as fcount According to the research result, it is proven that there is an effect of Open-Ended on the HOTS ability of Building Room V material at SDN Keboananom,Sidoarjo. This is evidenced by the averege value of the experimental class is higher than the control class.


Abstrak


Dijelaskan bahwa penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu, dalam penelitian ini terdapat perlakuan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimental, hasil uji homogenitas diperoleh fhitung 1,77 dibandingkan dk-numerator f tabel 32 & dk-deniminsator 32 dan taraf sig. 5% dari harga meja yaitu 1.80. Karena fhitung <tabel, maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol terbukti homogen. Ia menjelaskan bahwa kelas eksperimen dan terbukti berdistribusi normal. Disimpulkan bahwa kelas eksperimen adalah sebagai hitung. Berdasarkan hasil penelitian terbukti ada pengaruh Open-ended terhadap kemampuan HOTS materi Ruang Gedung V SDN Keboananom Sidoarjo. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014 Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta : UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press)

Fanani, Ahmad., Dian., dkk. (2019). Analisis Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Abad 21. Surabaya: Adi Buana University PRESS


Runtukahu, Tombokan., & Kandou, Selpius., (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

B.Jurnal

Chan Chun Ming Eric, Using Open-Ended Mathematics Problems A Classroom Experience (Primary). (Journal Online)

Desiyanti, Titin, dkk. (2016). Pendekatan Open-ended untuk meningkatkan kemampuan bepikir kreatif sistematis dan disposisi matematis siswa. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1

Kurniatai, Dian,. Dkk. (2016). Kemampuan berpikir tinkat tinggi siswa SMP di kabupaten Jember dalammenyeleseikan soal berstandart pisa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, No 2, Desember 2016 (142-155) (Online).
Published
2021-02-28
How to Cite
STYANADA, Galuh Enggita; SULISTYAWATI, Ida; RUSMINARTI, Susi Hermin. Pengaruh Model Pembelajaran Open – Ended Terhadap Higher Order Thinking Skills. EduBase : Journal of Basic Education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 26-29, feb. 2021. ISSN 2722-1520. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/view/239>. Date accessed: 29 july 2021.