Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Siswa SMK

Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Siswa SMK

  • Vany Dwi Putri IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Banyak kendala yang terjadi selama kegiatan belajar dari rumah, diantaranya adalah kurangnya antusiasme siswa, kendala alat maupun jaringan yang dialami siswa serta kurangnya kemampuan guru dalam melaksanakan BDR. Penelitian bertujuan untuk menggambarkan pembelajaran daring melalui media LMS yang diselenggarakan di SMKN 1 Balongan dalam upaya menekan mata rantai penyebaran Covid-19. Penelitian menggunakan metode kualitatif, pengumpulan informasi data dengan teknik wawancara, yaitu untuk mencari data yang relevan. Subyek penelitian adalah siswa SMKN 1 Balongan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran selama pandemik dilaksanakan dengan menggunakan jaringan jarak jauh atau belajar dari rumah (BDR). BDR memberikan dampak pada guru karena kurang maksimal dalam memberikan materi pembelajaran dan terganggunya proses pembelajaran yang menyebabkan tujuan pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga menjadikan materi tidak tuntas dan penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran daring tidak maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chinmi, M., Marta, R. F., Haryono, C. G., Fernando, J., & Goswami, J. K. (2020). EXPLORING ONLINE NEWS AS COMPARATIVE STUDY BETWEEN VENDATU AT INDIAAND RUANGGURU FROM INDONESIA IN COVID-19 PANDEMIC. Call for Papers, 167.
Cole, M. (2013). Cognitive development and formal schooling. Learning Relationships in the Classroom, 2, 31.
Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2010). Teacher technology change: How knowledge, confidence, beliefs, and culture intersect. Journal of Research on Technology in Education, 42(3), 255–284.
Ertmer, P. A., Ottenbreit-Leftwich, A. T., Sadik, O., Sendurur, E., & Sendurur, P. (2012). Teacher beliefs and technology integration practices: A critical relationship. Computers & Education, 59(2), 423–435.
Federico, P.-A. (2000). Learning styles and student attitudes toward various aspects of network-based instruction. Computers in Human Behavior, 16(4), 359–379.
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., … Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86–95.
Harike, H. (2021). PENGARUH COVID-19 TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING PADA SMA NEGERI 11 LUWU. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 1(2), 98–106.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan (Vol. 22).
Hildayanti, A., & Machrizzandi, M. S. (2021). Preferensi Learning Management System Di Masa Pandemi Covid. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Al Asyariah Mandar, 7(1), 26–31.
Martorejo, T. N. (2020). Pandemi Covid-19: Ancaman atau Tantangan bagi Sektor Pendidikan. Jurnal Binus, 7(1), 1–15.
Prabowo, A. S., Conina, P. D. D., Afiati, E., & Handoyo, A. W. (2020). Kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring ditengah wabah covid-19. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2).
Putri, V. D. (2020a). Layanan Bimbingan dan Konseling Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Coution: Journal of Counseling and Education, 1(2), 7–16.
Putri, V. D. (2020b). Layanan Dasar Bimbingan Dan Konseling untuk Peningkatan Survival And Safety Skills Siswa. Coution: Journal of Counseling and Education, 1(1), 21–33.
Rasyidi, M. (2021). PEMBELAJARAN DARING DI MASA COVID-19 TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA INSTITUT PENDIDIKAN NUSANTARA GLOBAL. JURNAL ILMIAH GLOBAL EDUCATION, 2(1), 1–7.
Rustiani, R., Djafar, S., Rusnim, R., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019). Measuring Usable Knowledge: Teacher’s Analyses of Mathematics for Teaching Quality and Student Learning. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 239–245).
Setiawan, S., & Handoyo, A. W. (2020). PELATIHAN KETERAMPILAN KESEHATAN MENTAL BAGI GURU MENGHADAPI STRES DALAM MASA PEMBELAJARAN DARING. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, pp. 362–366).
Syah, R. H. (2020). The Impact of Covid-19 on Education in Indonesia: Schools, Skills, and Learning Processes. SALAM J Sos Dan Budaya Syar-I, 7, 395.
Syamsuri, A. S., & Md, A. (2021). Pendidikan Guru dan Pembelajaran. Nas Media Pustaka.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN.
Published
2021-08-29
How to Cite
PUTRI, Vany Dwi. Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Siswa SMK. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-9, aug. 2021. ISSN 2746-6787. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/view/314>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v2i2.314.
Section
Articles