Perhatian Pemerintah Terhadap Produk Halal UMKM dalam Menekan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

  • Nanang Naisabur STAI Al-Falah Cicalengka Bandung
  • Haris Maiza Putra STAI Al-Falah Cicalengka Bandung

Abstract

Produk halal menjadi penyumbang terbesar perekonomian negara. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian utama pemerintah dalam mengembangkannya. UMKM di Indonesia dengan berbagai produk halalnya mendapat perhatian khusus dari pemerintah di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan perhatian negara dalam hal regulasi yang ada terkait UMKM dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang menggambarkan pendapat para praktisi. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemerintah telah memberikan perhatian kepada para pelaku usaha di Indonesia yang dibuktikan dengan aturan-aturan yang ditetapkan dan dilaksanakan di Indonesia. Untuk kemajuan produk halal UMKM dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, masyarakat Indonesia dapat bergerak di bidang produk halal dan harus mampu bersaing sebagai produsen serta memperhatikan berbagai aspek, baik komunikasi, teknologi, pasar, dan lain-lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurohman, D., Putra, H. M., & Nurdin, I. (2020). Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Jual Beli Online. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 14.
Ahyani, H., Putra, H. M., Slamet, M., & Mutmainah, N. (2022). Standardization of Companies and The Islamic Business Environment in Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 11. Diambil dari https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/3795/1941
Akim, A.-, Konety, N., Purnama, C., & Adilla, M. H. (2019). Pemahaman Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Jatinangor Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31. https://doi.org/10.24198/kumawula.v1i1.19258
Arifqi, Moh. M., & Junaedi, D. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192–205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.311
Ishak, A. (2019). Penerapan Produk Halal Berdasarkan PP NO. 31 Tahun 2019 (Khusus Konsumen Beragama Islam). Lex Privatum, 7(3). Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexprivatum/article/view/25925
Kamila, E. F. (2021). Peran Industri Halal dalam Mengdongkrak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Era New Normal. Jurnal Likuid, 1(1), 10. Diambil dari https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/likuid/article/view/12731
Keputusan kepala BPJPH No. 4. (2022). Penetapan Label Halal.
Keputusan Menteri Agama No. 518. (2001). Pedoman dan Tata Cara Pemeriksaan dan Penetapan Pangan Halal.
Keputusan Menteri Agama No. 519. (2021). Lembaga Pelaksana Pemeriksa Pangan Halal.
Khairuddin, & Zaki, M. (2021). Progres Sertifikasi Halal di Indonesia (Studi pada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama dan Lembaga Pengkajian, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Pusat. 13, 1. Diambil dari http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/asas/article/view/9352
KMA No. 982. (2019). Layanan Sertifikasi Halal.
Kurniati, P., Putra, H. M., Komara, L. S., Wibianika, H., & Setiansyah, R. (2021). Budaya Kewarganegaraan, Praktek Kewarganegaraan dan Pendidikan Untuk Kewarganegaraan Demokratis. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 8(2), 9.
Kurniati, P., Putra, H. M., Prakasa, A., & Pratomo, W. (2022). Cara Mudah Belajar Menulis Jurnal Menggunakan Referensi Otomatis Microsoft Word dan Zotero. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 11. https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3131
Kusumawati, D. A., & Arizqi. (2021). Ekonomi Halal: Penerapan Manajemen Bisnis dan Agile Leadership Pada UMKM Bandeng Presto. Jurnal Budimas, 03(02), 8. Diambil dari http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/3488
Makhtum, A., & Farabi, M. E. (2021). Pemetaan Potensi Sertifikasi Halal Pada Sektor Produk Makanan dan Minuman Unggulan di Kabupaten Bangkalan. IHTIFAZ: Islamic Economics, Finance, and Banking, 12. Diambil dari http://seminar.uad.ac.id/index.php/ihtifaz/article/view/6034
Nur, S. K., & Istikomah. (2021). Progam SEHATI: Kemudahan Pelaksanaan Sertifikasi Halal bagi UMKM. At-Tasharruf; Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Syariah, 3(2). Diambil dari http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/Tasharruf/article/view/6780
Nurfaika, S., & Ilyas, M. (2021). Kewajiban Pendaftaran Sertifikasi Halal Pada Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal; Perspektif Maqāṣid al- Syarī’ah. Shautuna, 2(2), 14. Diambil dari https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/shautuna/article/view/18842
PMA No. 26. (2019). Penyelenggara Jaminan Produk Halal.
PP No. 31. (2019). Peraturan Pelaksana Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal.
PP No. 39. (2021). Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal.
Pujiono, A., Setyawati, R., & Idris, I. (2018). Strategi Pengembangan UMKM Halal di Jawa Tengah dalam Menghadapi Persaingan Global. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 1. https://doi.org/10.14710/halal.v1i1.3109
Putra, H. M., Abdurohman, D., & Ahyani, H. (2022). Eksistensi Filsafat Ekonomi Syari’ah sebagai Landasan Filosofis Perbankan Syari’ah di Indonesia. Ecobankers : Journal of Economy Banking, 3(1), 13. Diambil dari http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/666
Putra, H. M., & Ahyani, H. (2022). Internalization in Islamic Law Progressive in Criminal Law Changes in Indonesia. Jurnal Ilmiah Al-Syir’ah, 20(1), 23. https://doi.org/10.30984/jis.v20i1.1861
Putra, H. M., & Solehudin, E. (2022). Fundamentals of Economic and Monetary Policy in Islam. Al-Falah: Journal of Islamic Economics, 7(1), 16. https://doi.org/10.29240/alfalah.v7i1.4302
Qomaro, G. W., & Mawaddah, I. (2019). Product Liability dan Perlindungan Konsumen Terhadap Produk Berlabel Halal Palsu. Jurnal Pamator, 12(2). Diambil dari https://journal.trunojoyo.ac.id/pamator/article/view/6275
Sayekti, N. W. (2018). Tantangan Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 10(5), 6. Diambil dari http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-X-5-I-P3DI-Maret-2018-163.pdf
Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi dan Bisnis. Al-Intaj Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syari’ah, 6(2), 13. Diambil dari https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/Al-Intaj/article/view/3358
Suparto, S., D, D., Yuanitasari, D., & Suwandono, A. (2016). Harmonisasi dan Sinkronisasi Pengaturan Kelembagaan Sertifikasi Halal Terkait Perlindungan Konsumen Muslim Indonesia. Mimbar Hukum - Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada, 28(3), 427. https://doi.org/10.22146/jmh.16674
Suprapto, R., & Azizi, Z. W. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen, 3(2), 125–133. https://doi.org/10.31002/rn.v3i2.1984
Suriyani, M. (2019). Pergeseran Kewenangan MUI dalam Memberikan Jaminan Produk Halal Pasca Lahirnya Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014. Jurnal Hukum Samudra Keadilan, 14(1), 25–44. https://doi.org/10.33059/jhsk.v14i1.914
Triyanto, W. A. (2017). Sertifikasi Jaminan Produk Halal Menurut Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 (Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen). 5(1), 8. Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/administratum/article/view/15143
Undang-Undang No. 33. (2014). Jaminan Produk Halal.
Published
2022-08-30
How to Cite
NAISABUR, Nanang; PUTRA, Haris Maiza. Perhatian Pemerintah Terhadap Produk Halal UMKM dalam Menekan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 132-139, aug. 2022. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/620>. Date accessed: 09 dec. 2023.