Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Bermain

(Penelitian Tindakan di Pusat PAUD-TK Tunas Pertiwi, Indramayu)

  • Andri Hardiyana IAI BUNGA BANGSA CIREBON

Abstract

The purpose of this study was to determine the increase in Interpersonal intelligence of early childhood through playing using the game techniques "Raise together, Plan Together, Arrogant and How to Face". The research was carried out at the Tunas Pertiwi Indramayu Kindergarten Center, as many as 18 children aged 4-5 years, assisted by 2 observers. The method used in this research is the action research model of Kemmis and Mc.Taggart. This research consisted of two cycles with 8 actions. Data analysis uses quantitative data that is descriptive analysis (frequency table, average and percentage), while qualitative data are analyzed by steps (1) data reduction (2) data display (3) data verification. The results of this study indicate an increase in Interpersonal intelligence in children through playing using the game technique "Lift Together, Joint Plan, Arok-Arik and How to Face, proved to increase in the first cycle obtained figures of 71.87%, in the second cycle the results obtained amounted to 86.53%. The implications of the research findings, teachers should understand more in developing the potential of Interpersonal intelligence as well as teachers should also be more varied in using game techniques to improve Interpersonal intelligence. Thus suggested to kindergarten teachers to use this game technique as one of the play techniques that can generate and increase Interpersonal intelligence to the maximum.
Keywords: Interpersonal Intelligence; Early childhood; and play


Abstrak


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan Interpersonal anak usia dini melalui bermain dengan menggunakan teknik permainan “Angkat bersama, Rencana Bersama, Arok-Arik dan Bagaimana Wajahnya”. Penelitian ini dilaksanakan di Pusat PAUD-TK Tunas Pertiwi Indramayu, sebanyak 18 orang anak umur 4-5 tahun dengan dibantu 2 orang pengamat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan 8 tindakan. Analisis data menggunakan data kuantitatif yaitu analisis deskriptif (tabel frekuensi, rata-rata dan persentase), sedangkan data kualitatif dianalisis dengan langkah (1) reduksi data (2) display data (3) verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kecerdasan Interpersonal pada anak melalui bermain dengan menggunakan teknik permainan “Angkat Bersama-sama, Rencana Bersama, Arok-Arik dan Bagaimana Wajahnya, dibuktikan meningkatnya pada siklus I diperoleh angka sebesar 71,87%, pada siklus II diperoleh hasil sebesar 86,53%. Implikasi dari temuan penelitian, hendaknya guru lebih memahami dalam mengembangkan potensi kecerdasan Interpersonal sekaligus hendaknya guru juga lebih variatif dalam menggunakan teknik permainan dalam meningkatkan kecerdasan Interpersonal. Dengan demikian dikemukakan saran kepada guru TK untuk menggunakan teknik permainan ini sebagai salah satu teknik bermain yang dapat membangkitkan dan meningkatkan kecerdasan Interpersonal secara maksimal.


Kata Kunci  : Kecerdasan Interpersonal; Anak Usia Dini; dan Bermain


 


 

References

Armstrong, Thomas. Sekolah para juara: Menerapkan Multiple Intellegence di Dunia Pendidikan, Alih bahasa : Yudhi Purtanto, Bandung : Kaifa,2002
Bews, R John. Permainan Berpikir : Melejitkan Kekuatan pikiran untuk orang merasa kurang cerdas. Bandung : Penerbit Jabal, 2008
Brewer, Jo Aan. Introduction to early Chilhood Education. United States : Pearson Education, Inc 2007.
Biklen and Bogdan, Riset Kualitatif , Untuk Pendidikan : Pengantar ke Teori dan Metode Terjemahan Munandir . Jakarta : Depdikbud, 1990
Catron, Carol.E dan Jan Allen. Early Childhood Curriculum : S Creativite Play Model, New Jersey: USA, Prentice Hall,inc,1999.
Departemen Pendidikan Nasional. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas, 2004
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Rajawali Press, 2009
Hurlock, Elizabet B. Perkembangan Anak Jilid 1(Edisi 6). Jakarta: Penerbit Erlangga, 1999
______________. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan), edisi kelima. Jakarta : Penerbit Erlangga, 1980
Gardner, Howard. Intelligence Reframed, Multiple Intelegence For the 21 st Century, (New York : Basic Book, A Member of the Perseus Books Group, 1999)
__________, Multiple Intellegence ;The Theory in practice A READER, New York: Harper Collins Publisher, inc, 1993
Greenwood, Davydd J. and Levin, Morten, Introduction to Action Research .London : Sage Publication Ltd
Jamaris, Martini. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta : PT. Grasindo, 2006
Kemmis, Stephen dan Mc Taggart, Robbin. The Action Research Planner
Australia : Deakin University, LSD, 1990
Masitoh. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka, 2007
Mayesky, Mary. Creative Activities For Young Children, Fourth Edition, Albany, New York: Delmar Publisher Inc, 1990
Moeslihatoen. Metode Pengajaran di Taman Kanak- Kanak. Jakarta : Rineka Cipta, 2004
Moleong. Lexy J. Penelitian Kualitatif . Bandung : Rosdakarya , 2000
______________. Pendidikan Usia Dini Model High / Scope . (Jakarta : PPs UNJ, 2004
Musfiroh,Tadzkiroatun. Cerdas Melalui Bermain : Cara Mengasah Multiple Intelligences pada anak sejak usia dini. Jakarta : PT. Gramedia, 2008
Nasution S. Metodologi Naturalistik Kualitatif .Bandung : Tarsito, 1992
Nugraha, Ali. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung : Jilsi Foundation, 2008
Santoso, Soegeng. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Citra Pendidikan, 2004
Santrock, John W. Educational Psychology 2nd edition (Mc Graw-Hill Company Inc. Dialihbahasakan oleh Tri Wibowo B.S, 2007
Schmidt, Laurel. Jalan pintas menjadi 7 kali lebih cerdas : 50 aktivitas, permainan, dan prakarya untuk mengasah tujuh kecerdasan mendasar pada anak anda,Bandung : Kaifa, 2002
Semiawan, Conny R. Catatan Kecil tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta : Kencana, 2008
S, Mulyadi. Bermain dan Kreativitas (Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain). Jakarta : Papas Sinar Sinanti, 2004
Spradley. Participation Observation .New York : Reinhart & Winston, 1980
Stone, Sandra J. Playing A Kids Curriculum, East Lake Avenue, Glenview, USA: Good Year Books, Scott Forestmean, 1993
Suryadi. Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta : Edsa Mahkota, 2007
Suyanto, Slamet. Dasar-dasar Pendidian Anak Usia Dini. Jakarta : Hikayat, 2005
Suratno. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas, 2005
Tim Penyusun Naskah Akademik, Pengembangan Bahan Ajar dan Standar Kompetensi PAUD Formal dan Nonformal, Jakarta : Depdiknas, 2007
Sujiono, Bambang dan Yuliani Nurani Sujiono. Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini, Jakarta : Elex Media Komputindo, 2004
¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : PT. Indeks, 2010
Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : PT. Indeks, 2009
Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini . Jakarta: Citra Pendidikan, 2005
Tedjasaputra, Mayke S. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Irasindo Media Widiasarana Indonesia, 2001
William, David, Penelitian Naturalistik, Alih bahasa L. J. Moleong .Jakarta: UNJ, 2003
Published
2020-02-28
How to Cite
HARDIYANA, Andri. Peningkatan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Melalui Bermain. Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 24-41, feb. 2020. ISSN 2549-0141. Available at: <http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/58>. Date accessed: 11 aug. 2020.