Enterpreneurship dalam Kepemimpinan Pendidikan

  • Barnawi Barnawi IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Kristijarso Kristijarso Universitas Islam Nusantara Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Enterpreneurship dalam Kepemimpinan Pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan subjek 9 Kepala  Madrasah Aliyah Binaan se Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan aplikasi PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Enterpreneurship dalam kepemimpinan pendidikan di madrasah binaan 100% telah berjalan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa kepala madrasah memiliki kompetensi kewirausahaan yang mumpuni. Pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi kepemimpinan telah dipahami dan diaktua masih perlu ditingkatkanlisasikan dalam tata kelola madrasah hanya dimensi menciptakan perubahan yang kuat dan membina kegiatan produksi/jasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, S. (2012). Ilmu Administrasi Negara (Kajian Konsep, Teori, dan Fakta dalam Upaya Menciptakan Good Governance). Bandung: CV Pustaka Setia.
Azizah, L. (t.t.). Pengaruh Entrepreneurial Mindset Dan Lingkungan Terhadap Keputusan Berwirausaha Dengan Self-Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Technology, (pp. 620-632).
Chaterina Melina Taurisa, I. R. (2012). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Sido Muncul Kaligawe Semarang). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 170-187
Dwi Prihatni Amrih Rahayuningtyas, E. T. (2017). Modal Intelektual dan Daya Saing Perguruan Tinggi di Indonesia . Jurnal Akuntansi dan Investasi, Vol. 18 No. 2, 153-162.
Enno Aldea Amanda, S. B. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Pdam Tirta Taman Sari Kota Madiun. ASSETS Jurnal Akuntansi, 1-12.
Grace, G. (1995). School Leadership. Bristol: The Falmer Press.
Gunter, H. (2001). Leaders and Leadership in Education. London: Paul Chapman Publishing.
Massudi, M. (2015). Pengaruh Entrepreneurial Leadership Dan Good Governance Terhadap Operational Performance Melalui Business Process Management Sebagai Variabel Intervening Pada Usaha Kecil Menengah Sentra Batik Tulis Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Tahun XXVI, No. 3 Desember , 210-221.
Nuryanta, N. (2018). The Implementation Of Strategic Management On Competitive Advantage In Islamic University Of Indonesia (UII) Yogyakarta. Indonesian Journal of Interdisciplinary Islamic Studies (IJIIS) Vol.2 No.1, 1-30.
Oktavia, R. (2014). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Di Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solo. Jurnal Administrasi Pendidikan, 596-381.
Santika, P. A. (2016). Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Swata Se-Kecamatan Bantul Kabupaten Bantul. UNY: Yogyakarta.
Sauri, S. (2006). Pendidikan Berbahasa Santun. Bandung: PT Genesindo.
Sauri, S. (2007, December). sofyansauri.lecturer.upi.edu. Retrieved July Monday, 2021, from upi.edu: sofyansauri.lecturer.upi.edu
Sauri, S. (2009). Pengembangan Filsafat Pendidikan Islam Di Sma Dan Impilikasinya. Subang: Makalah: Disajikan pada Seminar Nasional bagi guru-guru di Kabupaten Subang.
Sauri, S. (2012). Model Manajemen Pendidikan Nilai Berbasis Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Jurnal Administrasi Pendidikan VoLXIV No. J April .
Setiawan, R. Y. (2019). Refleksi Penelitian Budaya Organisasi Di Indonesia. Mix: Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume 9, No. 3, Oktober, 480-497.
Wiseman, A. W. (2009). Educational Leadership: Global Contexts and International Comparisons. Howard House, Wagon Lane, Bingley BD16 1WA, UK: Emerald Group Publishing Limited.
Published
2021-08-31
How to Cite
BARNAWI, Barnawi; KRISTIJARSO, Kristijarso. Enterpreneurship dalam Kepemimpinan Pendidikan. Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 114 - 122, aug. 2021. ISSN 2715-7652. Available at: <https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/eduvis/article/view/402>. Date accessed: 25 apr. 2024.