Analisis Profesionalisme dalam Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi

  • Darmasta Maulana Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Ujang Permana Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Sofyan Sauri Universitas Islam Nusantara Bandung

Abstract

Kepemimpinan adalah kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok. Namun kenyataan di lapangan masih banyak pimpinan lembaga pendidikan yang tidak menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin pendidikan ini disebabkan karena dalam proses pengangkatannya tidak ada transparansi, rendahnya mental pimpinan lembaga pendidikan yang ditandai dengan kurangnya motivasi dan semangat serta kurangnya disiplin dalam melakukan tugas, dan seringnya datang terlambat serta banyak faktor penghambat lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang mengimplikasikan rendahnya produktivitas kerja kepala sekolah yang berimplikasi juga pada mutu (input, proses, dan output). Penelitian ini merupakan  jenis riset kepustakaan (library research) dengan pengumpulan data pustaka, mencatat dan membaca serta mengolah bahan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profesionalisme dalam kepemimpinan pendidikan berbasis agama, filsafat, psikologi dan sosiologi. Berdasarkan penelitian ini, pemimpin harus mempunyai keahlian dibidangnya, pemberian tugas atau wewenang kepada yang tidak berkopenten akan mengakibatkan rusaknya pekerjaan bahkan organisasi yang menaunginya dan profesionalisme adalah sikap yang bijaksana (informend responsiveness) yang harus dilandasi oleh keahlian, kemampuan, teknik dan prosedur yang mantap diiringi sikap kepribadian berbasis agama, filsafat, psikologi dan sosiologi. Dalam pengembangan profesionalisme kepemimpinan pendidikan diperlukan pemantapan kode etik profesi yang dilandasi Agama, filsafat, psikologi dan sosiologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gibson, Ivancevich, Donnelly, (1991) Organisasi,Perilaku, Struktur dan Proses, Jilid 2. edisi kelima, University Of Kentucky dan University of Houston (penerjemah: Savitri Soekrisno & Agus Dharma) Jakarta: Erlangga.
Hasibuan, Abdurrazaq. ( 2017) Etika Profesi : Profesionalisme Kerja, Medan: UISU Pres
Kambey, C. D., (2003) Landasan Teori Administrasi/Manajamen, Sebuah Intisari, Manado: Yayasan Tri Ganesha Nusantara.
Kartono, Kartini., (2005) Pemimpin dan Kepemimpinan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Koontz, H., O’Donnell & Weihrich, H., (1990) Manajemen, Jilid 1 , edisi kedelapan, Judul asli: Management Eighth Edition, 1984, Inggris: Mc Graw-Hill, Inc. (Editor: Alfonsus Sirat), Jakarta: Erlangga.
Aris Nasution, Aris, dkk. (2019) Sosiologi Pendidikan: Profesionalisme Pendidikan Di Sekolah, Malang : CV Ismaya Berkah Group
Safaria, T., (2004) Kepemimpinan, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sauri, S.(2019). Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai. Bandung: PT Refika Aditama
Sauri, S.(2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Bandung: Rizqi Press
Stoner, J.A.F, & Winkel C., 2003, Perencanaan dan Pengambilan Keputusan dalam Manajemen, (alih bahasa: Simamora Sahat), Jakarta: PT Rineka Cipta.
Yukl, G. (1989). Managerial leadership: A review of theory and research. Journal of Management, 15, 251-289. doi:10.1177/014920638901500207
Sauri, Sufyan. (2007) Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Nilai: Membangun Kembali Komitmen, Kinerja Dan Produktivitas Pendidik Dan Tenaga Kependidikan http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BAHASA_ARAB/195604201983011-SOFYAN_SAURI/makalah2/KEPEMIMPINAN_PENDIDIKAN__revisi_.pdf

https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/07/18/profesionalisme-kepemimpinan-kepala-sekolah/

https://mildsend.wordpress.com/tag/pengertian-profesionalisme/

http://nunamuvie.blogspot.com/2011/04/profesionalisme-kepemimpinan.html
http://web.ipb.ac.id/~kajianislam/pdf/Prof.pdf
Published
2021-08-31
How to Cite
MAULANA, Darmasta; PERMANA, Ujang; SAURI, Sofyan. Analisis Profesionalisme dalam Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi. Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 129-147, aug. 2021. ISSN 2715-7652. Available at: <http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/eduvis/article/view/388>. Date accessed: 26 oct. 2021.