Manajemen ISO (International Organization for Standardization) di SMK Muhammadiyah Prambanan

  • Siti Riadoh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Erlina Yuliyati UIN Sunan kalijaga Yogyakarta

Abstract

ISO (International Organization for Standardization) is an international standard in the field of quality management systems. An organization includes an educational institution that has received accreditation or recognition from an independent institution (ISO), it can be said that the institution internationally has met the requirements in terms of the quality management system of a product or service it produces. This research was conducted with the aim of knowing the application of ISO management at SMK Muhammadiyah Prambanan. The research was conducted with a qualitative approach. Data obtained from observations, interviews, and documentation. The results of the research show that SMK Muhammadiyah Prambanan has implemented ISO management and received ISO certificates since 2008. Thus, SMK Muhammadiyah Prambanan is an educational institution that has implemented excellent quality management. This can be seen from the acquisition of BAN-PT accreditation with an A rating and international recognition with the acquisition of the ISO 9001 certificate. ISO 9001 is an international recognition that an institution has generally met customer expectations.


Abstrak


ISO (International Organization for Standardization) merupakan standar internasional dalam bidang sistem manajemen mutu. Suatu Organisasi termasuk didalamnya lembaga pendidikan yang mendapatkan akreditasi atau pengakuan lembaga inependen (ISO), maka dapat dikatakan lembaga tersebut secara internasional telah memenuhi syarat dalam hal sistem manajemen mutu suatu produk  atau jasa yang dihasilkannya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan manajemen ISO di SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitain menunjukan bahwa SMK Muhammadiyah Prambanan sudah menerapkan manajemen ISO dan mendapat sertifikat ISO sejak 2008. Dengan demikian SMK Muhammadiyah Prambanan merupakan lembaga pendidikan yang telah menerapkan manajemen mutu yang sangat baik. Hal tersebut terlihat dari perolehan akreditasi BAN-PT dengan peringkat A dan pengakuan secara internasional dengan adanya perolehan sertifikat ISO 9001. ISO 9001 merupakan pengakuan internasional bahwa suatu lembaga secara umum  telah memenuhi harapan pelanggan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beu, Nbeu. 2014. “Sistem Manajemen Mutu Dilembaga Pendidikan.” UNG Gorontalo.
G.Patterson, James. 2010. ISO 9000 Standar Kualitas Seluruh Dunia. Jakarta: Indeks.
Hasyim Asy’ari, Zahruddin, Syipa Fauziah. 2017. “Implementasi Prinsip-Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 Di SMK Ekonomika Depok Jawa Barat.” Manageria 2(2).
https://isoindonesiacenter.com, diakses pada 30/11/19.
http://www.bsn.go.id, diakses pada 30/11/19.
Mulyono. 2009. Manajemen Administrasi & Oganisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prabowo, Sugeng Listyo. 2009. Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008. Malang: UIN Malang Press.
Rivai, Veithzal. 2009. Education Management Analisis Teori Dan Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode Dan Prosedur. Edisi Pert. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Solikah. 2015. “Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000Dalam Pendidikan Agama Islam.” Jurnal, Studi Islam 10(2).
Umiyati. 2015. “Pengaruh Sistem Manajemn Mutu ISO 9001:2008 Dan Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial.” Jurnal Uinjkt 14(1).
Published
2021-02-28
How to Cite
RIADOH, Siti; YULIYATI, Erlina. Manajemen ISO (International Organization for Standardization) di SMK Muhammadiyah Prambanan. Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 93-104, feb. 2021. ISSN 2715-7652. Available at: <http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/eduvis/article/view/294>. Date accessed: 12 apr. 2021.