Manajemen Yayasan Ananda Mandiri dalam Meningkatkan Kuantitas Dan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Slawi Kulon Tegal

  • Toto Wargono IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Abstract

 


The purpose of this research is to identify the management of the Ananda Mandiri Foundation in increasing the quantity and quality of early childhood education at Integrated PAUD of Ananda Mandiri, Tegal Regency. The focus of this research are 1) How the management of the Ananda Mandiri Foundation in increasing the quantity and quality of early childhood education, 2). What are the supporting and inhibiting factors, 3). How Learning Management and Teaching Content are carried out and provided in Early Childhood Education Services. This Research uses qualitative methods or ethnographic case studies involving participatory observation, interviews, and documentation. Data processing using the methods: 1) Interview, 2). Observation, and 3). Documentation. Analysis method are using data collected and validity checked. The data analyzed by: 1). Data reduction, 2). Presentation of data and 3). Conclusion.


The results of this research are: (1) There are 3 general descriptions of the Ananda Mandiri Slawi Tegal Foundation, namely: a). geographic location, b). vision, mission and Foundation goals c). organizational structure. (2). The management of the Ananda Mandiri Foundation in increasing the quantity and quality of early childhood education in Slawi Tegal, are using 2 ways : 1). Quantity, this quantity are divided into: a). Development Based Learning, b). Center Based Learning, c). Learning Model, d). Learning Procedure. 2) Quality. These qualities are divided into: a). Leadership of the Principal, b). Educator / Teacher Learning, c). Student learning , d). Management Administration. (2). Inhibiting and Supporting Factors of the Ananda Mandiri Slawi Tegal Foundation. (3). Learning and teaching content carried out and given in Early Childhood Education in Slawi Kulon Tegal,are : a). Liquid Nature Center, b). Development Center, c). preparation center, d). center of macro and micro role, e). religious center.


Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen Yayasan Ananda Mandiri dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan anak usia dini pada PAUD Terpadu Ananda Mandiri Kabupaten Tegal. Fokus Penelitian ini adalah pada 1) Bagaimana Manajemen Yayasan Ananda Mandiri dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas Pendidikan Anak Usia dini, 2). Apa Faktor Pendukung dan Penghambatnya, 3). Bagaimana Manajemen Pembelajaran dan Konten Ajar yang dilakukan serta diberikan di Layanan Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau studi kasus-etnografi yang melibatkan observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengumpulan data ini menggunakan metode : 1) Wawancara, 2). Observasi, dan 3). Dokumentasi. Analisis Data yang terkumpul dan sudah dicek keabsahannya, data yang dianalisis ini dengan cara  : 1). Reduksi data, 2). Penyajian data dan 3). Kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : (1) Gambaran Umum Yayasan Ananda Mandiri Slawi Tegal ini ada 3, yaitu : a). letak geografis, b). visi, misi dan tujuan Yayasan, c). struktur organisasi. (2). Manajemen Yayasan Ananda Mandiri dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas Pendidikan anak usia dini di Slawi Tegal, ada 2 yaitu : 1). Kuantitas, Kuantitas ini dibagi menjadi : a). Pembelajaran Berbasis Perkembangan, b). Pembelajaran Berbasis Sentra, c). Model Pembelajaran, d). Prosedur Pembelajaran. 2) Kualitas. Kualitas ini dibagi menjadi : a). Kepemimpinan Kepala Sekolah, b). Pembelajaran Pendidik/Guru, c). Pembelajaran Peserta didik, d). Administrasi Manajemen. (2). Faktor Penghambat dan Pendukung Yayasan Ananda Mandiri Slawi Tegal. (3). Pembelajaran dan Konten Ajar yang dilakukan serta diberikan di Pendidikan Anak Usia Dini di Slawi Kulon Tegal, adalah sebagai berikut : a). Sentra Alam Cair, b). Sentra Pembangunan, c). sentra persiapan, d). sentra peran makro dan peran mikro, e). sentra agama.


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ace Suryadi dan Wiana Mulyana, “Kerangka Konseptual Mutu Pendidikan dan Pembinaan Kemampuan Profesional Guru”, Jakarta : Cordimas Metropole,

Amir Daien Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya, Penerbit Usaha Nasional, 1973.

Chatamarrasjid, Badan Hukum Yayasan, Citra Aditya Bakti, Bandung, Cet ke-II, 2006.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 2005.

E. Mulyasa, Strategi Pembelajaran PAUD…, hlm. 82-83

Farikhah, Siti. Manajemen Lembaga Pendidikan, Aswaja Pressindo, Temanggung, 2020.

Fari ulfah, Manajemen PAUD, Pengembangan jejaring kemitraan Belajar, Revitalisasi dan imementasi Program pendidikan dan pembelajaran integrative di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2020.

Gatot Supramono, Hukum Yayasan di Indonesia, Rineka Cipta, Jakarta, 2008.

HJ. Nibras OR. Salim, Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan Taman Kanak- kanak, Jakarta Badan Pembina Taman Kanak-kanak Islam Indonesia (BPTKI), d.t 10

https://id.m.wikipedia.org/wiki/yayasan, diunduh pada tanggal 10 September 2020 Pukul 15:43 WIB

Ihsana El-khuluqo, “Manajemen PAUD pendidikan Taman Kehidupan Anak”, yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2020

Lampiran Peraturan menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016, “Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah” Republik Indonesia, 2016.

Majda El Muhtaj, Dimensi-dimensi ham; Mengurai hak ekonomi. Sosial dan Budaya, Rajawali Pers, Jakarta; 2008,

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, cet. Ke-4, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011.

Morrison George S. Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini. PUSTAKA PELAJAR 2016.

Musfah, Jejen. Manajemen Pendidikan, I Karisma Putra Utama, 2020, Hlm. 2

M. Yustanto dan M. Karebet Widjaya Kusuma, Pengantar Manajemen Syariah, Jakarta: Khoirul Bayan, 2002.

Oemar Hamalik. Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara. 2007.

Peraturan menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016, “Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah” Republik Indonesia, 2016.

R. Murjiyanto, Badan Hukum Yayasan; Aspek Pendirian dan Tanggung Jawab, Liberty, Yogyakarta, 2011.

Rifa’i, Muhammad, Sejarah Pendidikan Nasional Dari Masa Klasik Hingga Modern, Ar- Ruzz Media, Jogjakarta, 2011.

Republik Indonesia, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2003.

Renti Oktaria, “Implementasi Pendekatan Pembelajaran Dalam Pendidikan Anak Usia Dini”, dalam Niz’am : Jurnal Studi Ke-Islaman, No. 02, Juli-Desember 2013.

Rudhi Prastya, Yayasan Dalam Teori Dan Praktek, Sinar Grafika, Jakarta, Cet ke-III,2014.

Sofia Hartati, Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini, Jakarta; Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan, d.t.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D Bandung : Alfabeta, 2017.

Soetopo Hendiyat. Dan Wasty Soemanto. Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan. PT. BINA AKSARA.Anggota IKAPI 1984.

Suyadi dan Maulidiyah Ulfah, Konsep Dasar PAUD, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2013.

Suyud Margono , Badan hukum Yayasan; Dinamika Praktek, Efektifitas, dan Regulasi Di Indonesia, Pustaka Reka Cipta, Bandung, 2020.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia, 2003.

Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, Op.Cit.
Published
2021-02-28
How to Cite
WARGONO, Toto. Manajemen Yayasan Ananda Mandiri dalam Meningkatkan Kuantitas Dan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Slawi Kulon Tegal. Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 37-54, feb. 2021. ISSN 2715-7652. Available at: <http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/eduvis/article/view/241>. Date accessed: 12 apr. 2021.