EDUCATION MARKETING STRATEGIES IN IMPROVING THE IMAGE OF EDUCATION INSTITUTIONS

  • Faiqoh Faiqoh IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Abstract

Competition in education becomes inevitable, many educational institutions are abandoned by customers so that the negative dynamics of some educational institutions. Meanwhile, Islamic educational institutions, especially madrassas, are still overwhelmed by secondclass education institutions with a favorable level under public education institutions. There are still many people who are lacking or even not yet know madrasah. Therefore, many changes have to be made, especially madrasah related to the management pattern. Madrasahs as education service providers need to learn and have a passion for increasing customer satisfaction because education is a circular process that is facing each other and sustainable. The madrasah initiative starts from finding out. In a world full of innovation, competition and expansion, marketing terms need to be redefined. The marketing of educational services in Madrasahs does not necessarily mean commercialization, but prioritizes quality education, and provides excellent service to its stakeholders.


Abstrak


Persaingan di bidang pendidikan menjadi tidak terelakkan, banyak lembaga pendidikan yang ditinggalkan pelanggan sehingga terjadi dinamika negatif dari beberapa lembaga pendidikan. Sementara itu, institusi pendidikan Islam khususnya madrasah masih terbebani oleh institusi pendidikan kelas dua dengan level yang menguntungkan dibawah institusi pendidikan umum. Masih banyak orang yang kurang atau bahkan belum mengenal madrasah. Oleh karena itu, banyak perubahan yang harus dilakukan, terutama madrasah terkait dengan pola pengelolaannya. Madrasah sebagai penyelenggara jasa pendidikan perlu belajar dan memiliki semangat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan karena pendidikan merupakan proses melingkar yang saling berhadapan dan berkelanjutan. Inisiatif madrasah dimulai dari mencari tahu. Dalam dunia yang penuh dengan inovasi, persaingan, dan ekspansi, istilah pemasaran perlu didefinisikan ulang. Pemasaran jasa pendidikan di Madrasah tidak serta merta berarti komersialisasi, tetapi mengutamakan pendidikan yang bermutu, dan memberikan pelayanan prima kepada stakeholders. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. 2005. Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
-------------------- 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Basu, Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Fattah, Nanang. 2008. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Gilligan, Colin dan Richard M.S. Wilson. 2009. Strategic Marketing Planning. London: Elseivier.
Hafidhudin, Didin dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Syariah dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani.
Hooley, Graham J, Nigel F. Piercy, and Brigitte Nicoulaud. 2008. Marketing Strategy and Competitive Positioning. London: Prentice Hall.
Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Konsumen dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran; Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, diterjemahkan oleh Hendra Teguh, dari Marketing Management. Jakarta: Prehallindo.
Minarti, Sri. 2012. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mudie, Peter dan Angela Pirrie. 2006. Service Marketing Management. London: Elseivier.
Muhaimin. 2011. Manajemen Pendidikan; Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudiarta, I Nyowan. 2011. Strategi Pemasaran: Mengintegrasikan Konsep Pemasaran Pariwisata, Gaya Hidup Konsumen dan Manajemen Destinasi Pariwisata Menuju Kualitas Pengalaman Berkelanjutan, Denpasar: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akutansi STIE Triatma Mulya, Vol. 16/No. 2/Desember.
Suprapti, Ni Wayan Sri. 2010. Perilaku Konsumen: Pemahaman Dasar dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran, Denpasar: Udayana University.
Tim Redaksi KBBI. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka.
Wibowo. 2006. Manajemen Perubahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wijaya, David. 2012. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2020-08-31
How to Cite
FAIQOH, Faiqoh. EDUCATION MARKETING STRATEGIES IN IMPROVING THE IMAGE OF EDUCATION INSTITUTIONS. Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 48 - 58, aug. 2020. ISSN 2715-7652. Available at: <http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/eduvis/article/view/147>. Date accessed: 02 mar. 2021.