Efektifitas Supervisi Akademik dan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Cirebon

  • Bambang Firmansyah IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

This study provides information on the effectiveness of academic supervision and the use of information and communication technology on teacher pedagogical competencies. This research method uses survey methods with quantitative research. Approved survey research is to explain the causal relationship and hypothesis testing. The subjects in this study were Islamic High School Islamic Education Teachers in the city of Cirebon who received 44 people, because it counted the population, the authors did not take samples. The data collection method used in this study used a questionnaire. The results of hypothesis testing found the analysis of academic supervision of teacher pedagogical competence reached 0.23% with a significant number 0.595> 0.05. The influence of the use of ICT on teacher pedagogical competence reached 0.886 and a significant value of 0.000 <0.05 influence was given positively. Comparative analysis between academic supervision and the use of ICT by 82.3% and significance of 0,000 <0.05, which means that a positive relationship is recorded and academic supervision and the use of ICT together provide significant use to the competence of pedagogical teachers by 85.8%, with using a comparison fund of 0.720 and a significance value of 0,000 <0.05. H0 is rejected and accepted, which agreed to a significant difference between the dependent variable on the independent variable partially and simultaneously.

Abstrak
Penelitian ini menyajikan informasi tentang efektifitas supervisi akademik dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap kompetensi pedagogik guru. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian survei yang dimaksud adalah bersifat menjelaskan hubungan kausal dan pengujian hipotesis. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri di kota Cirebon yang berjumlah 44 orang, karena sedikitnya jumlah  populasi, maka penulis tidak mengambil sampel. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Hasil pengujian hipotesis ditemukan analisis pengaruh supervisi akademik terhadap kompetensi pedagogik guru mencapai 0.23% dengan angka signifikan 0,595 > 0,05. Pengaruh penggunaan TIK terhadap kompetensi pedagogik guru mencapai 0.886 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh positif. Analisis korelasi antara supervisi akademik dengan penggunaan TIK sebesar 82.3% dan signifikasi 0,000 < 0,05 artinya terdata hubungan positif dan pengaruh supervisi akademik dan penggunaan TIK secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 85.8%, dengan besarnya nilai pengaruh 0,720 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel dependen terhadap variabel independen secara parsial dan simultan.

References

Abd. Kadir Masaong, (2012) Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapastas Guru; Memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru, Bandung: Alfabeta.
Abdul Majid, (2007), Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Rosda.
Agoes Dariyo, (2013), Dasar-Dasar Pedagogi Modern, Cet. 1, Jakarta: Indeks.
Andi Prastowo, Pembelajaran Konstruktivistik-Scientific Untuk Pendidikan Agama di Sekolah/Madrasah, Cet. I Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Asmani M. Jamal Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah , Jogjakarta: Diva Press.
Chaidar Husain, (2014) Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Volume 2, Nomor 2.
Florence Y. Odera, (2011) Integrating Computer Science Education in Kenyan Secondary Schools, International Journal of Information and Communication Technology Research, Volume 1, Number 5.
https://suaidinmath.wordpress.com/2015/08/15/materi-pengembangan- pembelajaran-berbasis-teknologi-informasi-dan-komunikasi/ diakses pada Februari 2019
Imam Wahyudi, (2012), Mengejar Profesionalisme Guru: Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yusufhadi Miarso, (2009) Menemai Benih Teknologi Pendidikan, Cet. 4, Jakarta: Prenada Media Group.
Luk Luk Nur Mufidah, (2009) Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: Teras.
H. Hamzah B. Uno, Nina Lamatenggo, (2011) Teknologi Kominikasi dan Informasi dalam Dunia Pembelajaran, Cet. II, Jakarta: Bumi Aksara.
Pupuh Fathurrohman; Aa Suryana. (2011). Supervisi pendidikan : dalam pengembangan proses pengajaran. Bandung : Refika Aditama,.
Rusdiana, (2015), Pendidikan Profesi Keguruan Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif, Bandung: Pustaka Setia.
Sarah Eben Egwu, (2015) Principals’ Performance in Supervision of Classroom Instruction in Ebonyi State Secondary Schools, Journal Of Education and Practice, Vol. 6, Number 15.
Suharismi Arikunto, (2004) Dasar-dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, Bab II, pasal 3, 4.
UNESCO, Instituts for Statistics (UIS), Information and Communication Technology (ICT) In Education in Asia, Information Papers, Vol. 6 No. 22, (2014), 6.
Published
2020-02-28
How to Cite
FIRMANSYAH, Bambang. Efektifitas Supervisi Akademik dan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Cirebon. Eduvis : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 57-67, feb. 2020. ISSN 2715-7652. Available at: <http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/eduvis/article/view/145>. Date accessed: 11 aug. 2020.