Penggunaan Media Lembar Balik (Flip Chart) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Tematik

  • Nur Azizah Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yayan Carlian Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Inne Marthyane Pratiwi Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

This study aims to describe the differences in students' cognitive learning outcomes between those who use flip chart media and those who use pictures media. This research is a Classroom Action Research (CAR) through two cycles and in each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. The sample in this study were all students of class V-A MI At-Taqwa Rancaekek. The data collection technique was carried out with a Double Choice test (DC), observation sheets, and interviews. Data analysis techniques used by researchers are descriptive analysis for qualitative data and statistical analysis for quantitative data. This can be seen from the increasing value of the average activity of students and educators in each cycle. Student activities during cycle 1 amounted to 68.8% with less information, then student activity increased in cycle 2 by 84.3% with good information. Then the activities of educators in cycle 1 amounted to 86% with good information, then the activities of educators in cycle 2 amounted to 93% with very good information.


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan media lembar balik (flip chart) dengan yang menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui II siklus dan pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelakasanaan, pengamatan, dan refleksi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V-A MI At-Taqwa Rancaekek. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes Piihan Ganda (PG), lembar observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis deskriptif untuk data kualitatif dan analisis statistik untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara yang menggunakan media lembar balik dengan yang menggunakan media gambar. Hal ini dapat terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata aktivitas siswa dan pendidik pada setiap siklus. Aktivitas siswa pada saat siklus 1 sebesar 68,8% dengan keterangan kurang, kemudian aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 84,3% dengan keterangan baik. Kemudian aktivitas pendidik pada siklus 1 sebesar 86% dengan keterangan baik, kemudian aktivitas pendidik pada siklus 2 sebesar 93% dengan keterangan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, M., Dibia, K., & Suartama, K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TGT berbantuan Media Flip Chart Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish.
Astriani, L. W., & Sudarma, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 186. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17907
Creswell, J. W. (2017). RESEARCH DESIGN Qualitaive, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (RESEARCH DESIGN Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). SAGE Publication. Achmad Fawaid, Penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hujair, S. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Kaukaba Dipantara.
Latip, A. E. (2018). Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI. Rosda.
Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146
Mu, Ari. (2019). “済無No Title No Title.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Musfiqon, H. M. (2012). Panduan Lengkap Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Pratiwi, D. E., & Mulyani. (2013). Penerapan Media Papan Balik ( Flipchart ) Pada Pembelajaran Tematik. Jpgsd, 1(Nomor 02 Tahun 2013), 0–216.
Sintayana, Muhardini. (2018). Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Mataram: Deepublish.
Setiawan, A., Putria, A., & Suryani, N. (2020). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya.
Sjukur, S. B. (2013). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043
Sri, Wulandari. (2017). “Ideal Mathedu of Mathematics and Education.” Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education 3(5):285–95.
Susilana, R., & Riana Cepi. (2018). Media Pembelajaran. CV Wacana Prima.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Erlangga.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan pembelajaran teori dan praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Usia Dini. PT Fajar Interpratama Mandiri.
Venetia, K., Ioanna, P., & Markia, S. (2016). Could Student’s Evaluation be a Pleasant and Effective Process? Journal of Education and E-Learning Research, 3(2), 51–56. https://doi.org/10.20448/journal.509/2016.3.2/509.2.51.56
Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif ilmu pendidikan teologi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Yoni, A. (2010). Menyusun penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Familia.
Published
2021-08-22
How to Cite
AZIZAH, Nur; CARLIAN, Yayan; PRATIWI, Inne Marthyane. Penggunaan Media Lembar Balik (Flip Chart) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Tematik. EduBase : Journal of Basic Education, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 78-87, aug. 2021. ISSN 2722-1520. Available at: <http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/view/396>. Date accessed: 06 dec. 2021. doi: https://doi.org/10.47453/edubase.v2i2.396.