Hubungan Self Efficacy Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cilegon Dan Implikasi Bagi Program Bimbingan Dan Konseling

Hubungan Self Efficacy Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cilegon Dan Implikasi Bagi Program Bimbingan Dan Konseling

  • Opah Nadiya Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Evi Afiati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Meila Dwi Nurmala Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui hubungan self efficacy
dengan motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam meningkatkan motivasi dalam
meraih prestasi siswa kelas XI MIPA dan XI IPS. Jenis penelitian ini adalah
penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah 186 siswa dari 349 siswa
kelas XI di SMA Negeri 1 Cilegon. Penelitian ini dilatar belakangi hasil
pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa seseorang dengan self efficacy
rendah menganggap dirinya tidak mampu mengerjakan segala sesuatu yang
ada disekitarnya. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah
pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrument berupa
angket. Dari hasil uji hipotesis korelasi Product Moment diketahui koefisien
Product Moment (rₓₗy) antara Self Efficacy (X) dengan Motivasi Berprestasi
(Y) kemudian dilihat dengan r tabel atau melihat P-value berdasarkan
perhitungan program SPSS for windows 20.0, maka hasil nilai korelasi r
hitung sebesar -0,094 lebih kecil dari koefisien r tabel sebesar 0,227 pada
taraf signifikasi 5% atau P-value lebih besar dari 0,05. Dengan demikian,
terdapat hubungan yang positif antara Self Efficacy dengan Motivasi
Berprestasi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cilegon Tahun Ajaran
2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albert Bandura. (1986). Self-Efficacy (Efikasi Diri). (http://treepjkr.
multiply.com/reviews/item/22.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W. H.
Freeman and Company.
Bandura, A. ( 1986). Self Efficacy, The Exercise of Control. New York:
Freeman.
Bandura, 1998. Self Efficacy, The Exercise of Control. New York: Freeman
Bandura, Albert. 1994. Self Efficacy. Stanford University. Diunduh pada tanggal
18 September 2016. Melalui:
https://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/BanEncy.html
Baron & Bryne. (1997). Self-Efficacy (Efikasi Diri). http://treepjkr.
multiply.com/reviews/item/22.
Purwanto, Edy. 2014. Model Motivasi Trisula: Sintesis Baru, Teori Motivasi
Berprestasi. Jurnal Psikologi. Vol 41, No. 2, hal 218-228. Diunduh pada
tanggal 29 Agustus 2016. Melalui:
https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/download/6951/5412
Sugiyono. 2017. METODE PENELITIAN, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: ALFABETA
Sugiyono. (2005). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung:
Alfabeta.
Woolfolk, A. E. 2004. Educatoinal psychology. New Jersey: Allyn & Bacon.
Published
2021-02-28
How to Cite
NADIYA, Opah; AFIATI, Evi; NURMALA, Meila Dwi. Hubungan Self Efficacy Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cilegon Dan Implikasi Bagi Program Bimbingan Dan Konseling. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 51-57, feb. 2021. Available at: <http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/view/298>. Date accessed: 17 may 2021.
Section
Articles