Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

  • Rio Hermawan SMK Negeri 3 Kasihan Bantul
  • Laily Puji Astuti SMK Sunan Kalijaga Ponorogo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknik cognitive restructuirng untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment design. Tempat penelitian berada di MTsN 6 Bantul. Populasi penelitian ini adalah 149 siswa. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 12 siswa. Skor pretest rata-rata kelompok eksperimen adalah 50,50 dengan nilai minimum 48 dan maksimum 53. Sedangkan skor posttest kelompok eksperimen 81,50 dengan nilai minimum 79 dan maksimum 84. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon diperoleh nilai tabel Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,024 lebih kecil dari taraf kesalahan (α=0,05). Sedangkan kelompok kontrol memiliki nilai Asymp. Sig. (2-tailend) adalah 0,149 lebih besar taraf kesalahan (α= 0,05) yang berarti pemberian treatmen dengan teknik cognitive restructuring efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa pada sekolah menengah pertama.


Keywords: Teknik Cognitive Restructuring, Kemandirian belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Laily Puji Astuti, SMK Sunan Kalijaga Ponorogo

Guru BK  SMK Sunan Kalijaga Ponorogo

References

DAFTAR PUSTAKA
Berg, R.,& Fall, K. A. (2017). Group Counseling Concepts and Procedures (6 nd ed). Routledge. New York: Routledge Taylor & Francis Group
Blidi, S. (2019), Collaborative Learner Autonomy A Mode of Learner Autonomy Development. Singapore: Spinger Nature
Campbell, D. T., & Stanley, J. C. (2015). Experimental and quasi-experimental designs for research. Ravenio Books. Retrieved from Google Scholar
Cirocki, Retnaningdyah & Anam. (2019). Readiness for autonomy in english language Learning The Case of Indonesian High School Students. Iranian Journal of Language Teaching Research, 7(2), 1-18. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1220734.pdf
Chen, L., Long, C., & Mig, Z. (2015). The study of student motivation on english learning in Junior middle school A Case Study of 5 middle school in Gejiu. Journal English Language Teaching, 6(9), 136-139. Retrived from http://dx.doi.org/10.5539/elt.v6n9p136
Hartini, N., & Ariana, D. (2016). Psikologi Konseling Perkembangan dan Penerapan Konseling dalam Psikologi. Surabaya: Airlangga University Press.
Habsy, B. A. (2017a). Model Konseling Kelompok Cognitive Behavior untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Smk. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 21. https://doi.org/10.21009/PIP.311.4
Ikhsan, M., & Putra, P. (2019). Mathematical reasoning ability and learning independence of high scholl student through problem based learning model. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3), 217-223. Retrieved from DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i3.1596
Lumbantobing, W. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Confidence and Satisfaction) Terhadap Rasa Ingin Tahu dan Kemandirian Belajar Peserta didik kelas V SD di Kecamatan Minggir. (Master’s Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from Google Scholar
Marwoto, P., Hartono & Riyanti, G., A, R. (2019). Enhancing independence and learning motivation by using youtube. Journal Physics Communication, 3(2), 86-93. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/pc
Mirici, I. H., & Dogan, G. (2017). EFL instructors’ perception and practices on learner autonomy in some Turkish University. Journal Language and Linguistic Studies, 13(1),166-193. Retrieved from https://files.eric.ed.gov › fulltext
Mulyono, D. (2017). The influence of learning model and learning independence on mathematics learning outcomes by controlling students’ early ability. Journal of Mathematics Education, 12(3), 3. Retrieved from https://www.iejme.com › article › the-influence-o...
Munifah, Munir., & Krisdayanti.(2018). Efektivitas konseling kelompok cognitive restructuring dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Palu. Jurnal Konseling & Psikoedukasi, 3(1), 115. Retreived fromhttp://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKP
Nulta, N. (2016). Efektivitas Konseling Kognitif Perilaku dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa. (Master’s Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nurkholis, E. Miarsyah, M. & Indrayanti, R. (2018). The influence of self efficacy learning independence againts the outcomes of the study material on Ecosystem Biology High School Student of Grade X. Journal Science and Education, 2, (1), 75-80. Retrieved from DOI: 10.31002/ijose.vil.597
Oghenevwede, O. (2019). Effects of cognitive restructuring on students’ academic achievement in science in Ughelli North Local Goverment Area of Delta State. Journal Science, Technology & Education, 7(1). 124. Retrieved from www.atbuftejoste.com › joste
Santrock, J. W. (2016). Adolescence, Ed 16th. US: McGraw-Hill Education. Retrieved from Google Scholar
Sari, E. N., & Zamroni. (2019). The impact of independent learning on Students’ accounting learning outcomes at vocational High School. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 141-150. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv
Segun, O. (2017). Effects of cognitive restructuring and problem solving strategies on reading and note taking of secondary school student In Ondo State, Nigeria. Journal Society for Science and Education, 4(16), 81. Retrieved from DoI:10.14738/assrj.416.3545.
Sholihah, A. N. (2019). Restrukturisasi kognitif dengan setting kelompok untuk mengurangi kecanduan online agme remaja. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 33-42. Retrieved from https://doi.org/10.24042/kons.v6i1.3399
Smith, R. L. (2015). A contextual measure of achievement motivation: Significance for research in counseling. VISITAS Online. Retrieved from Google Scholar
Teng, F. (2019) Autonomy, Agency, And Identity in Teaching and Learning English as a Foreign Language. Singapore: Spinger Nature Pte Ltd.
Wastono, Fx. (2015). Peningkatan kemandirian belajar siswa SMK pada mata diklat teknologi mekanik dengan metode problem based learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22,(4), 397. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/7837
Wenzel, D., & Hays, P. A. (2016). Cognitive Behavioral Therapy Techniques and Strategies(first edition). London: Circle Graphics, Inc.
Published
2021-02-28
How to Cite
HERMAWAN, Rio; ASTUTI, Laily Puji. Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 10-21, feb. 2021. Available at: <http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/view/257>. Date accessed: 17 may 2021.
Section
Articles